Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Menumbuhkan karakter Religius dan Sosial Dengan Idul Adha

Menumbuhkan karakter Religius dan Sosial Dengan Idul Adha

Sidoarjo – Idul Adha adalah hari raya Islam, dan  diperingati sebagai peristiwa sejarah, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya karena mendapat perintah Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh Allah dengan domba.

Pada Idul Adha ini, umat Islam melakukan shalat hari raya bersama-sama di masjid, atau di tanah lapang.  Setelah shalat, dilakukan penyembelihan hewan kurban,

SDN Kedungrejo Waru Sidoarjo dalam memperingati Idul Adha, menyembelih 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Pelaksanaan kegiatan ini di halaman sekolah Kamis (23/8) pukul 07.00 sampai selesai;

Daging kurban ini akan dibagikan keseluruh siswa terutama pada keluarga yang tidak mampu, dan kepada masyarakat sekitar yang fakir miskin.

Menurut kepala sekolah Endah S.Pd, hewan kurban  uang disembelih ini 1 ekor sapi berasal infaq dari guru, dan 2 ekor kambing berasal infaq dari wali murid.

“Tujuan Pelaksanaan Idul Adha di sekolah ini untuk menumbuhkan nilai – nilai pendidikan  karakter  yang religius, dan sosial. Kemudian ada rasa saling memberi , ada pemerataan bagi siswa kurang mampu bisa merasakan bagaimana makan daging” kata Endah

Sementara itu Maretta salsabila atau Bu Ella sebagai guru agama menambahkan” dengan kegiatan Idul Adha  atau Idul Kurban anak –anak mengetahui sejarah tentang nabi Ibrahim yang diperintah Allah untuk menyebelih anaknya yang dicintai yaitu nabi Ismail, dan bisa meneladani dengan meningkat keimanan dan ketaqwaan.

Menurutnya, Idul Adha adalah salah satu hari raya dalam agama Islam yang di dalamnya menyimpan berbagai peristiwa monumental dari peradaban kehidupan di bumi. Di Hari Raya Idul Adha juga ada dua ibadah yaitu  ibadah kurban dan haji. Kedua ibadah ini mengandung nilai keteguhan dan keimanan dan menjadi bukti pengorbanan yang di dasari dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.(af)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top