Anda berada di :
Rumah > Peristiwa > Banjir Rob, Ratusan Rumah di Gresik Kembali Tergenang

Banjir Rob, Ratusan Rumah di Gresik Kembali Tergenang

Banjir rob di Kabupaten Gresik, Jawa Timur kembali terjadi. Kenaikan air laut ini menggenangi ratusan rumah di 9 desa wilayah pesisir utara

Gresik – Banjir rob di Kabupaten Gresik, Jawa Timur kembali terjadi. Kenaikan air laut ini menggenangi ratusan rumah di 9 desa wilayah pesisir utara.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah ,(BPBD) mencatat, dampak banjir rob kali ini lebih parah dari kemarin. Tingginya air laut ini sebelumnya sudah diprakirakan BMKG.

Kepala BPBD Gresik Tarso Sagito mengatakan air pasang laut terjadi pada Pukul 09.00 sampai 13.00 Wib. Puncak pasang terjadi pukul 11.30 Wib.

“Air pasang laut pada hari ini lebih tinggi dibanding kemarin, melanda 9 desa. Kami meminta masyarakat waspada,” katanya pada Jumat (17/6/2022).

Tarso menyatakan, banjir rob yang paling parah menggenangi Desa Banyuwangi Manyar. Di sana, jalan lingkungan 2 KM, 280 rumah warga serta 71 Hektare tambak tergenang air. Sejumlah fasilitas umum seperti 2 Musholla, 2 Sekolah dan 1 Poskesdes juga tergenang.

Selanjutnya di Desa Sukorejo Kebomas ada 35 rumah dan 3 tergenang air 20 sampai 25 cm serta jalan lingkungan sepanjang 300 M tergenang 20 – 50 cm.

Kemudian, Tarso mengungkapkan di Kecamatan Ujungpangkah ada dua desa terdampak. Di Pangkahwetan jalan lingkungan sepanjang 400 meter, 1 Musholla, 1 TPI (Tempat pelelangan ikan), 1 TK dan 227 Hektare tambak tergenang.

“Di Desa Pangkahkulon, ada 150 rumah tergenang, jalan lingkungan 800 Meter, 2 tempat ibadah, 1 TK, TPI dan balai nelayan serta 350 hektare tambak,” imbuh Tarso.

Selanjutnya di Kecamatan Bungah tepatnya Pulau Mengare Desa Tajungwidoro 45 rumah tergenang, TPI dan jalan lingkungan serta 548 hektare tambak tergenang.

Di Desa Kramat ada 50 hektare tambak tergenang. Di Desa Watuagung, sebanyak 438 hektare tambak tergenang. Selain itu, fasilitas seperti jalan TPI dan jalan poros desa (JPD) juga terdampak.

“Tanggul tambak yang berbatasan langsung dengan laut dalam kondisi kritis, Sebagian sudah jebol terdampak pasang laut dan terkena ombak,” ujarnya.

Tarso melanjutkan, dua kecamatan yang sebelumnya aman juga terdampak. Di Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik terpantau jalan lingkungan sepanjang 200 meter tergenang.

“Lalu, di Desa Tambak Timur Kecamatan Tambak Bawean ada 10 rumah dan jalan lingkungan tergenang banjir rob,” tambahnya.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top