Anda berada di :
Rumah > Komunitas > Begini Cara Jalin Silaturahmi Komunitas Gapura Blambangan dan Ikawangi Surabaya

Begini Cara Jalin Silaturahmi Komunitas Gapura Blambangan dan Ikawangi Surabaya

Surabaya – Untuk menjalin tali silaturahim dan mempererat tali persaudaraann atau seduluran Komunitas Gapura Blambangan dan Ikawangi Surabaya gelar halal bihalal dalam waktu dan tempat yang berbeda.

Ikawangi Surabaya maupun Gapura Blambangan merupakan perkumpulan atau paguyuban perantauan yang berada di Sidoarjo, Surabaya atau wilayah sekitarnya yang berasal dari Banyuwangi.

Mereka ada yang sudah memiki KTP dimana dia tinggal, dan ada yang belum atau masih KTP asal kota/kabupatennya.
Tradisi halal bihalal Sampai saat ini masih dilakukan di semua lapisan masyarakat, mulai keluarga, sekolah, sampai istana kepresidenan, bahkan acara halal bihalal sudah menjadi tradisi nasional yang bernafaskan Islam.

Dalam perjalanan hidup manusia senantiasa tidak bisa luput dari salah dan dosa, termasuk kesalahan terhadap sesamanya. Seorang manusia dapat memiliki rasa permusuhan, pertikaian, dan saling menyakiti, dan perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya.

Idul Fitri merupakan momen penting untuk saling memaafkan, baik secara individu maupun kelompok. Setiap kali selesai menjalani ibadah puasa ramadhan dan memasuki Hari Raya Idul Fitri, antar sesama muslim saling meminta maaf atas kemungkinan adanya kesalahan terhadap sesama.

Paguyuban Gapura Blambangan menggelar halal bihalal dilaksanakan pada 15 Juli 2018 di perum citra reciden Sarirogo, dengan mengundang paguyuban lain seperti Ikawangi, dan Pasir wangi, dan dimeriahkan dengan musik elektone dari Banyuwangi.

Acara ini dihadiri tokoh masyarakat , anggota DPRD ProvinsJatim dan DPRD Sidoarjo, dan perwakilan Polsek Sidoarjo.

Sebelumnya Ikawangi Surabaya juga melaksanakan halal bihalal, dihadri Gapura Blambangan dalam acara rutin pertemuan sekali di rumah Abah Misdi Bangsri Sukodono, dimeriahkan dengan kesenian Islami group Al-Banjari dari remaja desa Bangri. (af)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top