Anda berada di :
Rumah > Nasional > IPDN Buka Pendaftaran untuk 2.000 Calon Praja

IPDN Buka Pendaftaran untuk 2.000 Calon Praja

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri membuka kesempatan untuk putra putra Indonesia mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018. Jumlah kuota untuk calon praja IPDN ini sebanyak 2.000 orang.

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), adapun persyaratan umum pendaftaran calon praja ini antara lain pelamar merupakan warga negara Indonesia, usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun hingga tanggal 1 September 2018. Kemudian tinggi badan bagi pria minimal 160 cm dan wanita 155 cm. Minggu (8/4/2018)

Terkait persyaratan lain, pelamar serendah-rendahnya berijazah SMA/MA jurusan IPA/IPS termasuk lulusan Paket C. Lebih rinci, nilai rata-rata ijazah minimal 70,00 dari masing-masing nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah pada pendaftar lulusan tahun 2015-2018. Kemudian, bagi Provinsi Papua dan Papua Barat nilai rata-rata ijazah minimal 65,00 dari masing-masing nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2015-2018.

Kemudian memiliki KTP elektronik bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau kartu keluarga (KK) yang belum memiliki KTP elektronik. Bila belum memiliki KTP elektronik atau KK, pelamar menggunakan surat keterangan kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP elektronik dengan NIK yang sama pada saat mendaftar website.

Persyaratan khusus antara lain, pelamar tidak menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan. Kemudian, tidak ditindik atau memiliki bekas tindik di telingannya bagi pendaftar pria, kecuali karena ketentuan agama/adat. Pendaftar tidak bertato atau bekas tato.

Pendataran calon praja IPDN 2018 dimulai pada 9-30 April 2018. Pendaftaran dilakukan secara online melalui https://sscndikdin.bkn.go.id. Calon peserta yang telah mendapatkan nomor pendafataran, selanjutnya menyampaikan kelengkapan berkas dengan cara mengunggah dokumen sebagaimana tercantum dalam persyaratan calon peserta IPDN ke https://spcp.ipdn.ac.id mulai 10 April-2 Mei 2018. Informasi lebih lanhut mengenai SPCP IPDN dapat melalui call center IPDN 0804-1-700-700 atau https://kemendagri.go.id dan https://spcp.ipdn.ac.id.

Selanjutnya, pelamar akan mengikuti beberapa tahap seleksi antara lain seleksi administrasi, tes kompetensi dasar, tes kesehatan daerah, tes psikologi integritas dan kejujuran, dan penentuan akhir meliputi verifikasi faktual dokumen, tes kesehatan pusat, tes kesamaptaan, dan tes wawancara. (dtk)

 

Sumber : detik.com

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top