Anda berada di :
Rumah > Uncategorized > Nelayan di Gresik Kota Berhenti Melaut, Ini Alasannya

Nelayan di Gresik Kota Berhenti Melaut, Ini Alasannya

GRESIK — Air surut membuat resah para nelayan. Tak bisa melaut. Para nelayan desa Karangkering, Gresik berinisiatif membuat jalan. Kurang lebih 1 kilometer. Agar, mereka bisa mencari ikan lagi.

Sudah dua pekan aktivitas membuat jalan itu berlangsung. Ada 15 orang nelayan. Bersama-sama mengeruk dengan dua telapak tangan masing-masing. Tidak ada alat khusus. Lebarnya, dua meter dengan kedalaman satu meter.

Tidak setiap hari. Hanya akhir pekan para nelayan bahu-membahu membuat jalan. Sebab, kondisi pantai di Karangkering saat ini tidak ada air. Terlihat hamparan lumpur yang luas.

Para nelayan harus bekerja keras. Lumpur mereka tumpuk seperti bendungan. Memanjang hingga 1 kilometer. Namun, sudah dua kali pengerjaan belum ada 500 meter. Masih lama. Padahal, hampir seharian penuh ke-15 nelayan itu mengeruk lumpur.

Untuk pergi ke laut, selama ini para nelayan menggunakan balok kayu. Memanjang satu setengah meter. Tidak bermesin. Hanya ada pegangan tangan ditengah. Nelayan harus mengayuh dulu hingga laut. Mayoritas nelayan berumur 40an tahun itu terlihat seperti bocah.
Salah satu nelayan Agus Wijaya mengaku, pembuatan jalur ini atas inisiatif para nelayan. Sebab, jika air surut nelayan tidak bisa mencari ikan. Perahunya tidak bisa melintas.

“Air surut tidak bisa diprediksi. Bisa malam dan siang kadang hanya malam. Itupun jamnya tidak tentu,” ucap Agus (15/7). Pantai Karangkering memang kering. Debit air menurun drastis sekitar satu meter. Terlihat belum lama. Sebab, garis bekas air masih terlihat di bebatuan pinggir pantai.

Lelaki 40 tahun itu menyebut, nelayan tetap mencari ikan meski air surut. Yakni, dengan bantuan balok kayu. “Biasanya dari bibir pantai perahu langsung bisa jalan. Tetapi sekarang tidak,” imbuhnya.

“Tidak bisa berbuat apa-apa. Karena cuaca juga tidak bisa diatur. Jika tidak ada inisiatif sendiri para nelayan ya tidak dapat ikan,” pungkasnya

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top