Anda berada di :
Rumah > politik dan pemerintahan > MENGHADAPI BENCANA, SINERGITAS MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DALAM PROSES MITIGAS

MENGHADAPI BENCANA, SINERGITAS MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DALAM PROSES MITIGAS

Pemerintah Kabupaten Gresik menyerahkan penghargaan tangguh bencana tingkat Provinsi Jawa Timur dengan kategori utama kepada Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Penghargaan desa tangguh bencana itu diserahkan bertepatan usai upacara peringatan hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur yang diadakan di halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (14/10).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim menyerahkan secara langsung penghargaan berupa piala kepada Kepala Desa Bedanten, Abdul Majid.

“Hari ini bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Gresik menyerahkan penghargaan desa tangguh bencana kepada Desa Bedanten,” kata Wabup.

Dirinya mengatakan, diterimanya penghargaan itu bukan semata-mata sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur saja, namun perlu dijadikan sebagai motivasi agar kedepan masalah penanggulangan terhadap datangnya bencana dapat semakin ditingkatkan.

“Penghargaan ini jadikan sebagai motivasi guna menggugah tingkat partisipatif masyarakat desa Bedanten dalam rangka penanggulangan terhadap potensi ancaman bencana,” kata Wabup.

Artinya, keterlibatan masyarakat dan peran serta pemerintah sangat diperlukan dalam rangka penanggulangan bencana itu. “Dalam proses mitigasi bencana, partisipasi masyarakat dan peran aktif pemerintah harus bersinergi agar dalam penanganannya cepat dan tepat,” ungkap Wabup.

Wabup menambahkan, untuk desa yang lain hendaknya menjadikan sebagai desa Bedanten sebagai desa percontohan, utamanya terkait dengan mitigasi bencana. “Semua daerah pasti tak luput dari ancaman bencana, namun dengan adanya proses mitigasi bencana dan penanganan yang tepat, maka kita akan lebih siap menghadapi dan menanggulangi jika nencana itu benar terjadi,” tegas Wabup. (iis)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top