Anda berada di :
Rumah > Artikel Dan Opini > TEKNOLOGI AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DIANGGAP SEBAGAI SOLUSI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI INDONESIA

TEKNOLOGI AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DIANGGAP SEBAGAI SOLUSI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI INDONESIA

Sumber : https://id.pinterest.com/pin/773915517238495069/

Dilihat 1547

Penulis : Nofiyah Maulidah

Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga 

Sistem penggunaan teknologi dalam perpustakaan belakangan ini semakin menerima tantangan lebih besar. Tantangan tersebut berkaitan dengan permintaan layanan, penggunaan layanan, dan sumber daya manusia (SDM). Penerapan teknologi AI (artificial intelligence) sudah marak di kehidupan masyarakat. Profesi seorang pustakawan sangat diutamakan untuk kelanjutan eksistensi sebuah perpustakaan. Kecerdasan buatan atau AI diterapkan bukan sebagai pengganti pustakawan secara keseluruhan. Dalam kenyataannya ada beberapa kegiatan pustakawan yang telah diganti oleh teknologi informasi, bahkan teknologi informasi sudah mendominasi pekerjaan di perpustakaan

Penggunaan Artificial Intelligence bertujuan untuk membantu pustakawan dalam menjalankan tugasnya, terkadang pustakawan menghadapi pekerjaan yang begitu banyak dalam satu waktu. Hadirnya artificial intelligence sebagai solusi bagi pustakawan dalam melayani pengguna dengan maksimal tanpa meninggalkan pekerjaan yang lain. Selain hal tersebut, Artificial Intelligence juga sebagai strategi promosi pada perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi sendiri memiliki sistem klasifikasi ataupun jenis kebutuhan yang beragam untuk pengguna.

Pustakawan artificial intellligence merupakan konsep perpustakaan digital yang memberikan informasi menggunakan sistem yang terintegrasi secara langsung dengan informasi di perpustakaan. Pustakawan artificial intellligence akan menjadi perantara yang fokus dan efesien bagi pengguna perpustakaan. Pustakawan AI mempunyai peran sebagai guide dan translator keinginan dari pengguna melalui layar monitor besar dengan beberapa fitur yang disesuaikan pada subyek spesialis dengan klasifikasi bahan pustaka.

Penerapan AI dalam sebuah pekerjaan terjadi pertama kali di Indonesia pada sebuah stasiun televisi swasta bernama TV One. Stasiun TV tersebut menayangkan presenter AI (Artificial Intelligence), presenter itu bernama Sasya dan Nadira yang diperkenalkan pada 21/4/2023 lalu dan Bhomi yang diperkenalkan pada Selasa 25/4/2023.

Penggunaan sistem teknologi informasi sudah marak dikalangan masyarakat, namun penggunaan artificial intelligence sebagai pemandu informasi di perpustakaan adalah inovasi baru dan menarik untuk diterapkan. Pustakawan AI adalah konsep perpustakaan digital yang memberikan informasi secara otomatis dan berintegritas pada pengguna. Namun dibalik manfaat teknologi AI yang begitu bermanfaat pada aktifitas pekerjaan, ada beberapa anggapan jika AI dapat mengambil alih tugas manusia dan memicu banyaknya angka pengangguran.

.

 

 

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top

Selamat Hari Raya Idul Fitri


 

This will close in 10 seconds