Anda berada di :
Rumah > Internasional > Mobil listrik UPI Siap Tandang ke London

Mobil listrik UPI Siap Tandang ke London

Mobil upi
8 Anggota tim akan berangkat ke London disponsori Shell.

Bandung – Mobil listrik yang dikembangkan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Tim Bumi Siliwangi Team 4 akan bertandang di kompetisi mobil listrik dunia di London, Inggris, 30 Juni-03 Juli 2016.

Tim Bumi Siliwangi Team 4 menjadi satu dari tiga mahasiswa Indonesia yang diundang untuk mengikuti kualifikasi Shell Eco-marathon Drivers World Championship (DWC) yang diselenggarakan Shell Eco-marathon (SEM) Eropa 2016.

Undangan tersebut diraih Tim Bumi Siliwangi Team 4 setelah mobil karya mereka berhasil menjadi gelar Juara Dua untuk kategori Urban Concept dalam Shell Eco-marathon (SEM) Asia di Filifina, Maret lalu.

Mobil yang bentuknya mirip VW kodok warna hitam itu diberi nama Turangga Ceta EV3. Pada kompetisi tingkat Asia beberapa waktu lalu, mobil dengan konsep city car hemat energi itu membukukan catatan jarak tempuh 78/kwh.

Manajer Tim Bumi Siliwangi Team 4, Amin Sobirin mengatakan, meski juara dua pada SEM Asia, timnya tidak otomatis bisa mengikuti kompetisi tingkat dunia SEM Eropa 2016.

Ada sejumlah aturan baru yang harus disiapkan tim untuk bisa mengikuti DWC SEM Eropa 2016, antara lain, penajaman sistem pengereman.

“Kami sedang mengoptimalkan sistem rem karena perubahan rules untuk kompetisi DWC Eropa 2016 mengharuskan pengereman pada kecepatan 50 km pada jarak 20 meter,”  ungkap Amin, di Kampus UPI, Bandung, Jumat (27/5).

Sistem rem mobil bertenaga listrik ini menggunakan rem yang biasa dipakai mobil go kart dengan controller yang diprogram untuk sport dan echo.

Penyesuaian lain dilakukan pula pada baterai dengan menggunakan ultra capacitor yang memiliki sejumlah kelebihan, misalnya dari sisi charging bisa lebih cepat. Selain itu, berat ultra capacitor juga lebih ringan dibandingkan baterai lithium.

Nantinya, Tim Bumi Siliwangi Team 4 akan berlaga di lintasan yang cukup ekstrem, lebih ekstrem dibandingkan dengan SEM di Filipina. Panjang  lintasannya juga lebih panjang, yakni 2.240 meter yang harus ditempuh dalam tiga kali putaran.

“Apapun tantangannya kami harus siap. Kami ingin Indonesia bangga dengan hasil pencapaian tim SEM Indonesia,” ujar Amin yang mentargetkan juara pada event bergengsi tersebut.

Tim Bumi Siliwangi Team 4 terdiri dari delapan orang, yakni selain Amin, ada Ramdani (driver), Abdul Rochim (second driver), Jody Rusli (chasis), Afitro Adam (accesories), Muhamad Isnaini (body), Dani Permana (frame and design), Shofiyudin Albadari (electrical enjine) plus dua dosen pembimbing yakni Sriyono S.Pd dan Ridwan Adam M.N., M.Pd.

Amin menambahkan, 8 anggota tim akan berangkat ke London disponsori Shell. Sedangkan dosen dibiayai oleh UPI.

Sumber : popames

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top