Anda berada di :
Rumah > Sport > Anggaran Dari Pemkab Gresik Untuk KONI Belum Turun, Orang Tua Atlet Cabor Renang Gresik Di Ajang Kejurda Keluarkan Biaya Dari Kantong Pribadi

Anggaran Dari Pemkab Gresik Untuk KONI Belum Turun, Orang Tua Atlet Cabor Renang Gresik Di Ajang Kejurda Keluarkan Biaya Dari Kantong Pribadi

Atlet Cabor Renang Gresik (jearsy Biru) saat menerima medali pada ajang Kejurda 6-7 Maret 2022

Dilihat 1543

Gresik – Sejumlah orang tua atlet cabang olahraga (cabor) renang di Kabupaten Gresik mengeluh. Sebab, anaknya harus mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Renang Jawa Timur Tahun 2022 menggunakan biaya pribadi.

“Jadi, anak saya dan 48 atlet lain yang ikut Kejurda Renang Jawa Timur pada 6-7 Maret ini harus bayar sendiri,” ujar salah satu orang tua atlet yang meraih juara 3 kategori KU, Selasa (8/03/2022).

Menurutnya, para atlet renang yang ikut kejurda masing-masing kurang lebih mengeluarkan biaya minimal Rp 570 ribu. Biaya itu mulai untuk bayar swab dan pendaftaran dan keperluan lain selama kejurda yang berlangsung di Kolam Renang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur.

“Mosok (masa) lomba membawa nama baik Gresik dana subsidi dari KONI tidak ada,” gerutunya.

Padahal, atlet renang yang ikut kejurda adalah mereka yang tergabung dalam pemusatan pelatihan kabupaten (puslatkab).

“Mereka (atlet) yang akan disiapkan untuk ikut pekan olahraga provinsi (porprov) sekitar bulan 7 (Juli) mendatang,” pungkasnya.

Diketahui dalam Kejurda Renang Jawa Timur 2022, Atlet Gresik menempati peringkat ke-5 dengan menyabet 8 medali emas, 8 medali perak, dan 20 medali perunggu.

Ketua KONI Kabupaten Gresik, dr. Anis Ambiyo Putri saat memberikan konfrimasi melalui voice whatsapp mengatakan, untuk event Kejurda atau Kejurprov berangkat atau tidak tergantung cabor masing-masing. Dan KONI Gresik juga tidak mewajibkan untuk mengikuti Kejurda tersebut.

“Apabila cabornya mampu dipersilakan berangkat kalau tidak mampu tidak berangkat juga tidak apa-apa. Kebetulan pada Kejurda cabor renang tersebut, anggaran KONI dari Pemkab Gresik belum turun. Akhirnya cabor saya beri kewenangan berangkat atau tidak tergantung cabornya masing-masing,” terangnya.

“Karena anggaran yang belum turun sampai saat ini, KONI Gresik mohon maaf belum bisa memberikan sumbangsih. Semoga secepatnya anggaran lekas bisa diterima KONI,” harap dr Anis.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, dan Olahraga Pemkab Gresik, Sitadji Rudi menyatakan atlet yang ikut kejurda memang seharusnya dibiayai KONI.

Namun, ia mengaku belum bisa memberikan jawaban terkait keluhan orang tua atlet renang yang harus mengeluarkan biaya sendiri untuk ikut kejurda. “Saya cek dulu ke KONI,” kata Rudi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, dan Olahraga Pemkab Gresik, Sitadji Rudi menyatakan atlet yang ikut kejurda memang seharusnya dibiayai KONI.

Namun, ia mengaku belum bisa memberikan jawaban terkait keluhan orang tua atlet renang yang harus mengeluarkan biaya sendiri untuk ikut kejurda. “Saya cek dulu ke KONI,” kata Rudi.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Gresik, Muhammad, membenarkan KONI Gresik mendapatkan porsi anggaran Rp5 miliar tahun 2022.

“Jadi, anggarannya sama seperti tahun sebelumnya (2021), untuk membiayai olahraga selama setahun,” kata Muhammad.

Menurutnya, dari anggaran Rp5 miliar itu memang tak ada pos biaya untuk atlet yang mengikuti kejurda. Padahal, Komisi IV sudah mengusulkan saat pembahasan APBD 2022.

“Saat pembahasan anggaran kami usulkan anggaran KONI Rp5 miliar dinaikkan jadi Rp9 miliar. Anggaran itu di antaranya untuk membiayai atlet dalam setiap event olahraga seperti kejurda. Namun, usulan kami itu tak di-acc. Sehingga anggaran tetap Rp5 miliar,” ungkapnya.

Ia mengaku khawatir minimnya perhatiannya pemerintah terhadap atlet bisa berpengaruh terhadap prestasi Kabupaten Gresik di bidang olahraga.

“Kekhawatiran kami, para atlet Gresik yang merasa tak diperhatikan akan pindah ke daerah lain,” tutup Muhammad.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top

Marhaban ya Ramadhan


 

This will close in 10 seconds