Anda berada di :
Rumah > Religi > SDN Ganting Sambut 1 Muharram Sebagai Bagian Peningkatan Kualitas Moral

SDN Ganting Sambut 1 Muharram Sebagai Bagian Peningkatan Kualitas Moral

Sidoarjo – Dipagi yang cerah ratusan siswa-siswa mulai kelas 1 sampai kelas VI serta  guru SDN Ganting Gedangan Sidoarjo berkumpul di halaman sekolah untuk mengikuti pawai.  Kegiatan ini dalam rangka memperingati tahun baru islam yaitu 1 Muharram 1440 H, dilaksanakan pada Sabtu (16/9).

Untuk tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Tahun Baru Hijriyah Kita Tingkatkan Silaturrahim dan Kualitas Generasi Muda Indonesia”.

Acara peringatan 1 Muharram 1440 Hijriyah dengan pawai dan lomba –lomba untuk mengenalkan pada siswa bahwa umat islam memiliki tahun baru. Dan 1 Muharram  merupakan hari penting dan bersejarah bagi umat Islam yaitu memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw dari Kota Mekkah ke Madinah.
Dalam pawai ini juga menampilkan  seni musik Al-Banjari dan mengumandangkan sholawat badar. Selain itu semua siswa memegang poster (slogan) yang bertuliskan kalimat-kalimat toyyibah dan ada yang memikul ka’bah sebagai bentuk syi’ar Islam..

Menurut guru agama Lailul Nuroh S.Sos.I sesuai  tema untuk makna peringatan 1 Muharraram 1440 Hijriyah ini adalah lebih meningkatkan  silaturrahim bagi anak-anak dan dewan guru, dan lebih penting lagi untuk meningkatkan kualitas generasi muda, Kualitas anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dengan jiwa yang islami dan moral yang baik. Dan implementasikan lebih meningkatkan kualitas moral anak didik khususnya untuk SDN Ganting.

“Kegiatan ini setiap tahun dengan memakai berseragam putih-putih baik siswa maupun guru, maksudnya lebih khusus lagi untuk tema hijriyah  kita berhijrah mensucikan hati, dan jiwa untuk kehidupan yang lebih bersih dan lebih putih” tutur Lailul Nuroh.

Pawai  ini merupakan acara puncak, keliling kampung sekitar sekolahan.  Sebelumnya telah melakukan lomba-lomba mulai dari pildacil, adzan, kaligrafi dan lomba audisi dengan melantunkan lagu islami,  diikuti seluruh siswa mulai kelas 1 hingga kelas VI pada senin (10/9).

“Kegiatan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa, dan mencari bibit untuk dikompetisikan ditingkat kecamatan maupun kabupaten” pungkasnya.

Setelah melalui penilaian dari tim juri dan sebagai juara terbaik adalah Agha Jumitra kelas VI B juara 1 Pildacil, Moch. Habib Maulana kelas V A Juara 1 Adzan, Moch. Hilal kelas V A Juara 1sholawat, dan Nur Aisyah Navila Muna kelas VI A  juara 1 Kaligrafi. (af)

 

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top