Anda berada di :
Rumah > Religi > Manasik Haji dan Aksi Damai SD Muhammadiyah 15 Surabaya

Manasik Haji dan Aksi Damai SD Muhammadiyah 15 Surabaya

Surabaya – Sebanyak 785 siswa – siswi SD Muhammadiyah  15 Surabaya melaksanakan manasik haji di halaman sekolah dipandu oleh ustadz dan ustadzah pada 29 Agustus 2018.

Kegiatan tersebut merupakan pembelajaran luar kelas guna memahami dan memotivasi pelajar melaksanakan ibadah haji bagi orang mampu serta telah mendapat giliran untuk menunaikan ibadah haji.

Bagi siswa putra, berpakaian ihrom dan bagi siswa putri sudah memakai pakaian putih putih sejak berangkat dari rumah karena tidak memakai kain ihrom. Para siswa-siswi  berkelompok sesuai dengan kloter-kloter yang telah dibagi oleh panitia dan berkumpul di ruang kelas yang telah ditentukan.

Tepat pukul 7.00 WIB para siswa diarahkan panitia untuk berkumpul di halaman sekolah mendengarkan arahan dan penjelasan dari muthowif tentang alur pemberangkatan, tata tertib, dan mengingatkan kembali beberapa doa yang dilafadzkan ketika sedang dalam rangkaian manasik. Kegiatan masik haji ini dibuat seperti haji sungguhan sehingga siswa faham dan mengerti dalam melaksanakan ibadah haji sesungguhnya ditanah suci sehingga menjadi haji yang mabrur..

“Dalam Rangka HUT RI ke 73 dengan tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” para siswa dan ustadz dan ustadzah  melaksanakan simulasi ibadah haji, dan juga menjelang pemilu Pilpres 2019 anak –anak menggelar aksi damai pasca simulasi atau selesai  ibadah haji” . kata Ali Sadikin selaku wakil kepala sekolah.

“Tujuan digelar manasik haji bagi anak-anak, tak lain untuk menanamkan nilai agama dan moral yang kuat sejak dini, karena ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Dan tujuan aksi damai ini agar calon presiden atau pemimpin bangsa  kedepannya adalah  pemimpin yang  amanah, bijaksana  dan penuh karismatik”  ungkap Ali Sadikin.(af)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top