Anda berada di :
Rumah > Nasional > Bupati Gresik Terima Penghargaan Baznas Award 2023

Bupati Gresik Terima Penghargaan Baznas Award 2023

Bupati Gresik Terima Penghargaan Baznas Award 2023

Dilihat 1547

GRESIK, www.panjinasional.net  – Bupati Gresik menerima penghargaan, dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia. Penghargaan untuk kategori bupati pendukung utama pengelolaan zakat pada Baznas Award 2023 diterima Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (21/3/2023).

 

Dengan mengusung tema “Berkah Berzakat, Terima Kasih Muzakki Terima Kasih Mustahik”. Kegiatan dibuka Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin serta  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Ketua Baznas RI KH Noor Achmad. Juga Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan diwakili Sesmenko Letjend TNI Teguh Puji Rumekso.

 

Pada kesempatan tersebut, Wapres menekankan tiga hal yang harus dilakukan Baznas untuk menguatkan ekosistem zakat. Pertama, Wapres meminta pengembangan strategi penguatan ekosistem zakat melalui potensi, kekuatan, dan tantangan dari setiap komponen ekosistem zakat.

 

“Kembangkan strategi penguatan ekosistem zakat nasional. Potensi, kekuatan, dan tantangan dari tiap komponen ekosistem zakat perlu dipetakan dengan saksama. Selanjutnya, agar disusun strategi penguatan dari masing-masing komponen ekosistem zakat tersebut, “ujar Wapres.

 

Lebih lanjut, Wapres minta sertifikasi kompetensi amil zakat diperbanyak sebagai salah satu strategi meningkatkan kepercayaan muzaki (pemberi zakat).

 

“Salah satunya, saya minta sertifikasi kompetensi amil zakat agar terus diperbanyak. Sebagai komponen utama ekosistem zakat. Sertifikasi ini sertifikasi kompetensi amil zakat, akan menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola oleh pihak yang profesional, “ujarnya.

 

Di tempat sama, Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, Baznas Award merupakan apresisasi terhadap perzakatan yang berkembang di Indonesia.

 

“Terima kasih banyak kepada Presiden dan Wakil Presiden, kami sering diajak kemana-mana. Alhamdulillah pengaruhnya sangat besar. Sampai saat ini, menurut laporan dari teman-teman pengumpulan bahwa peningkatan rata-rata 30 s.d .35%, “ujar Noor.

 

Selain penghargaan kategori bupati pendukung utama pengelolaan zakat. Baznaz RI juga memberikan penghargaan. Kepada Baznaz Gresik kategori Infrastruktur terbaik, pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) amil zakat, serta pengguna Sistem Informasi Management Baznaz (SIMBA) terbaik se-Indonesia yang ke-4 kalinya.

 

Usai menerima penghargaan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang akrab disapa Bu Min mengapresiasi Baznas Gresik yang ikut berkontribusi membantu permasalahan sosial di daerah.

 

“Mudah mudahan Baznas Gresik terus mendorong bantuan-bantuan yang disalurkan ini dapat memiliki nilai produktif untuk masyarakat. Sehingga bermanfaat secara berkelanjutan, “tutur wabup.

 

Dikatakan, pemerintah daerah akan terus berupaya mendorong penyaluran zakat, infaq dan sodaqoh melalui melalui Baznas Gresik.

 

“Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan terima kasih kepada Baznas Gresik, yang telah bekerja maksimal dalam mengumpulkan dan mengelola zakat. Juga kepada masyarakat, para muzakki dan organisasi pengumpul dan pengelola zakat lainnya, “tutur wabup.

 

Pada kesempatan sama, Ketua Baznas Gresik H. Muhammad Mujib berharap, Baznas menjadi lembaga yang terus dipercaya masyarakat dalam mengelola dan menyalurkan dana zakat, infaq, shodaqoh.

 

“Dengan perolehan 5 kategori penghargaan ini kedepan kita lebih mengoptimalkan pengelolaan zakat dan pemberdayaan. Baik pemberdayaan SDM, distribusi serta program Baznas “ungkap Mujib.

 

Menurut dirinya ini semua tidak lepas dari dukungan Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, OPD serta para pimpinan DPRD Gresik yang telah memotivasi kami sehingga menerima penghargaan ini.

 

“Kedepan kita akan lebih baik lagi karena ini merupakan tantangan. Baik pimpinan dan seluruh pengurus Baznas Gresik, “singkatnya.

 

Dalam acara tersebut, Wapres juga menyerahkan bantuan bagi korban gempa Turki dan Suriah yang dihimpun oleh Baznas. Terkumpul Rp 5 M diserahkan kepada petugas perwakilan dari Baznas, disaksikan oleh Dubes Turki dan Suriah melalui zoom.(red)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top