Anda berada di :
Rumah > politik dan pemerintahan > Tingkatkan Pendapatan Dari Sektor Wisata, DPRD Dan Pemda Gresik Serius Garap Potensi Pariwisata

Tingkatkan Pendapatan Dari Sektor Wisata, DPRD Dan Pemda Gresik Serius Garap Potensi Pariwisata

Nur Gholib (kanan) Politikus PPP dan juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik

Gresik  : Banyaknya potensi pariwisata di Kabupaten Gresik yang belum tergarap sepenuhnya, kini menjadi sorotan bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik. Untuk memaksimalkan hal itu, DPRD Gresik berupaya terus mendorong Pemerintah Daerah agar bisa mengembangkan segala potensi pariwisata yang ada, terutama bagi Pemerintahan Desa (Pemdes).

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Gholib mengatakan, dalam melakukan pengembangan potensi pariwisata di wilayahnya, Pemdes bisa mengembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jika dapat dikelola dengan baik, potensi pariwisata akan dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes).

“ Peran Bumdes tak harus melulu bergerak disektor perdagangan dan simpan pinjam. Sektor pariwisata juga bisa digarap untuk menambah pendapatan. Intinya Pemdes harus bisa lebih kreatif dalam mengembangkan Bumdes “ ungkapnya.

Dalam hal ini, Wakil Ketua DPRD Gresik mencontohkan beberapa desa yang saat ini sudah memanfaatkan potensi Desa ada sektor pariwisata. Yakni, Desa Belahanrejo kedamean dengan mengembangkan potensi waduk sebagai taman wisata anak-anak, Desa Hendrosari dengan wisata kuliner tengah sawahnya, Desa Pangkahwetan dengan wisata susur sungainya, Desa Bungah yang terkenal dengan bukit jamurnya, sedang Desa Gosari dan Sekapuk yang terkenal dengan wisata alamnya.

“ Dari wisata itu semua yang sedang kami dorong Kepala Desa nya, agar supaya bisa memaksimalkan peran Bumdes untuk terlibat dalam pengelolahannya. Jika bisa dikelola dengan baik melalui Bumdes, niscaya akan semakin mensejahterakan masyarakat setempat “ tutur Nur Gholib yang juga Politikus asal PPP ini.

Pengembangan Bumdes sendiri, pihak Legeslatif sudah gencar melakukan sosialisasi tentang payung hukum pengembangan dan pembentukan Bumdes yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah (PERDA) nomer 3 tahun 2017.

“ Peranan Bumdes sangat penting dalam penguatan ekonomi kerakyatan. Tentunya kami di Legeslatif akan sangat mendukung dalam pengembangan dan peningkatan Bumdes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa “ tambah Nur Gholib.

Senada dengan itu Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, saat kunjungan kerjanya Ke Kabupaten Banyuwangi terkait pengembangan potensi wisata mengatakan, Kabupaten Gresik akan terus mengembangkan dan meningkatkan potensi di sektor pariwisatanya.

“Dengan semakin meningkatnya sektor pariwisata di Gresik, maka pembangunan dan perekonomian masyarakat akan semakin meningkat. Terutama bagi perekonomian masyarakat Desa Pariwisata wilayah setempat “ ungkapnya . (Yit/Adv)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top