Anda berada di :
Rumah > politik dan pemerintahan > DPC Abpednas Gresik, Dorong Pemdes Lebih Memikirkan Tumbuh Kembang BUMDes

DPC Abpednas Gresik, Dorong Pemdes Lebih Memikirkan Tumbuh Kembang BUMDes

Ketua DPC Abpednas Gresik bersama PH Saat melakukan pertemuan dengan Ketua DPRD Gresik.

Gresik – Sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi Desa melalui penggalakan pendirian Badan Usaha Milik Desa (BumDes), menjadi semangat tersendiri bagi Pemerintah Desa (Pemdes). Terlebih pasca terbitnya aturan yang ada di pasal 117, UU Cipta Kerja.

Bumdes sendiri yang notabene sebuah badan usaha milik Desa didirikan guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas serta menyediakan jasa pelayanan atau jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa. Serta juga sebagai sumber Pendapatan Asli Desa (PADes)

Apalagi status Bumdes saat ini sangat jelas, sebagai lembaga bisnis yang bisa bekerja sama dengan lembaga perbankan, keuangan maupun lembaga bisnis lainnya.

Untuk itulah Asosiasi BPD Abpednas Gresik melalui Ketua Umumnya HR. Hendry mendorong tumbuh kembangnya BUMDes yang berjumlah 330, yang tersebar 18 kecamatan sekabupaten kabupaten Gresik.

” Sejawat BPD dimasing-masing desanya hendaklah ikut berperan memberikan dorongan dan motivasi kepada BUM Desa terlebih bersama masyarakat aktif menggali potensi-potensi yang ada desa dengan menciptakan UMKM yang nantinya dimasukan didalam unit usaha BUM Desa.” ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

Peluang dan kesempatan ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh Pemdes agar lebih memerhatikan Bumdes nya masing-masing. Dengan tujuan untuk meningkatkan PADes serta memajukan perekonomian masyarakat dan bisa untuk menciptakan UMKM

Ketua Abpednas kembali menambahkan, pengelolaan Bumdes juga bisa dikerjasamakan antar Desa melalui pelayanan usaha antar Desa, bentuk ini merupakan milik 2 Desa atau lebih. Untuk Pendirian Bumdes bersama, disepakati melalui Musyawarah antar desa yang difasilitasi oleh badan kerja sama antar desa yang terdiri dari Pemdes, BPD dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Jika semacam ini bisa digalakan dan tumbuh kembangkan, hal inilah termasuk sebagai penguatan terhadap ekonomi kerakyatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah kita.” tutur Handry usai bertemu dengan Ketua DPRD Gresik. (Yit)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top