Anda berada di :
Rumah > Peristiwa > Tingkatkan Kemampuan, Sat Samapta Polres Gresik Gelar Pelatihan SAR

Tingkatkan Kemampuan, Sat Samapta Polres Gresik Gelar Pelatihan SAR

Personel Sat Samapta Polres Gresik melaksanakan pelatihan SAR di lapangan Mapolres Gresik

Dilihat 1549

Gresik – Personel Sat Samapta Polres Gresik melaksanakan pelatihan SAR  di lapangan Mapolres Gresik. Pelatihan diberikan kepada setiap personel Sat Samapta agar siap apabila sewaktu – waktu membutuhkan kehadiran, sehingga kemampuan SAR air sangat dibutuhkan. Sabtu (15/10/2022)

Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Gresik AKP Sugeng Sulistiyono. Menggunakan perahu karet personel Sat Samapta melakukan simulasi.

Pelatihan diawali dengan memberikan materi tehnik evakuasi atau penyelamatan korban laka air sesuai dengan standar prosedur yang ada, sehingga aman bagi korban dan petugas SAR.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kasat Samapta AKP Sugeng Sulistiyono menjelaskan, para bintara Samapta ini diberikan pelatihan untuk pengoperasian perahu SAR yang dimiliki oleh Polres Gresik,selain itu juga melakukan praktek di lapangan.

“Samapta Polres Gresik memiliki perlengkapan SAR air sehingga setiap personel harus dapat menguasai atau mengoperasikannya,” ungkap Kasat Samapta AKP Sugeng Sulistiyono di lokasi pelatihan.

Kemudian, setiap anggota diberikan praktek penyelamatan korban laka air, antara lain cara membawa korban saat di dalam air, dan cara mengangkat korban ke atas perahu dengan cara yang benar dan tepat.

“Apabila kejadian laka air, tetap perhatikan kesalamatan diri sendiri dan tim. Tetap fokus dan pahami prosedur yang ada, agar pelaksanakan operasi penyelamatan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya. (Hum)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top