Anda berada di :
Rumah > Peristiwa > Gunungkidul Diserang Belalang Setan

Gunungkidul Diserang Belalang Setan

Gunung Kidul – Peneliti biologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan serangan belalang setan atau aularches miliaris di Gunungkidul masih bersifat lokal. Meski demikian, petani diimbau waspada karena masih akan berlangsung hingga beberapa minggu ke depan.

“Ledakan hama belalang setan di Gunungkidul ini masih bersifat lokal,” kata salah satu peneliti Biologi UGM, Drs Sudaryadi M. Kes kepada wartawan di kampus UGM di Bulaksumur, Sleman.

Sudaryadi menjelaskan, kesimpulan ini didapat setelah Tim Peneliti Fakultas Biologi UGM melakukan penelitian di perbatasan Karangrejek dan Baleharjo pada 23 Januari 2018. Tim tersebut terdiri dari dirinya bersama Soenarwan Hery Purwanto M.Kes dan Drs Hari Purwanto MP, PhD.

“Kami menemukan fase dewasa maupun pra dewasa belalang setan dalam jumlah cukup banyak pada satu lahan tanaman rumput kalanjana. Namun tidak ditemukan di tempat lain yang berjarak 500 meter dari titik dimana terdapat belalang setan,” ungkapnya.

Namun, Sudaryadi tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Terlebih masih banyak belalang setan yang mulai masuk ke fase pra dewasa. Dia pun memprediksi serangan belalang setan di lahan pertanian warga masih akan berlangsung hingga beberapa minggu ke depan.

Oleh sebab itu, Sudaryadi menyarankan agar masyarakat berupaya mengendalikan populasi belalang setan. Cara paling efektif yakni menangkap belalang jenis ini secara manual tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia.

“Apalagi memang belalang dengan sayap berwarna hijau dengan bercak kuning ini memiliki siklus hidup relatif lama dibandingkan dengan jenis belalang lainnya,” sebutnya.

Tim Peneliti Fakultas Biologi UGM, lanjut Sudaryadi, sampai saat ini masih melakukan pengamatan dan preferensi pakan belalang setan. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi ledakan belalang setan di Gunungkidul.

“Jadi masih lokal dan terjadi di Desa Baleharjo dan Karangrejek,” katanya.(dtk)

 

 

Sumber berita : detik.com

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top