Anda berada di :
Rumah > Peristiwa > Gempa 7 SR Kembali Mengguncang Lombok Pada Minggu Malam

Gempa 7 SR Kembali Mengguncang Lombok Pada Minggu Malam

NTB  – Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali diguncang gempa 7 Skala Richter (SR). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 21.56 WIB.

“Lokasi gempa berada di 8.28 Lintang Selatan dan 116.71 Bujur Timur. Atau 30 Km timur laut Lombok Timur,” tulis BMKG dikutip Liputan6.com Minggu (19/8/2018). “Kedalaman gempa mencapai 10 km,” demikian BMKG.

Gempa tersebut, menurut BMKG, tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun belum diketahui dampak guncangan gempa ini terhadap masyarakat setempat.

Guncangan akibat gempa terasa sangat kuat di Mataram, Lombok Timur. “Semua orang keluar ke jalan,” demikian dilaporkan Sunariyah wartawan Liputan6.com, Minggu malam.

Aliran listrik di kawasan terdampak gempa padam. Setidaknya, menurut dia, dalam sehari ini sudah ada empat gempa yang dirasakan oleh warga.

Suasana di Mataram, Minggu malam, gelap. Cahaya Bulan yang sebelumnya menerangi wilayah itu tertutup awan. Gempa susulan dengan kekuatan 6,5 SR, sebelumnya sudah mengguncang Lombok Minggu siang pukul 11.06 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada satu orang meninggal akibat gempa siang tadi. Sebagaimana disampaikan oleh Soetopo Purwo Nugroho, Humas BNPB.

Untuk gempa malam tadi, belum ada keterangan berkaitan warga terdampak, baik luka-luka maupun korban jiwa.

Perlu diketahui, setelah porak-poranda akibat guncangan gempa 6,4 SR pada 29 Juli dan gempa 7 SR pada 5 Agustus lalu, wilayah Lombok masih terus menghadapi gempa susulan.

Data BMKG ssbagaimana dikutip Antara menyebutkan, hingga Minggu sore sudah terdeteksi sebanyak 814 kali gempa susulan di Lombok pascagempa bumi 7 SR pada 5 Agustus lalu.(ss/net/den)

 

 

 

 

Sumber berita : suarasurabaya.net

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top