Anda berada di :
Rumah > Nasional > Dua Kali Pariwisata Bali Rugi Dampak Letusan Gunung Agung

Dua Kali Pariwisata Bali Rugi Dampak Letusan Gunung Agung

Jakarta – Meletusnya Gunung Agung di Bali turut berdampak pada sektor pariwisata. Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Didien Djunaedy buka suara.

Selama ini, Bali masih menjadi daya tarik utama wisatawan untuk liburan ke Indonesia. Diketahui, sekitar 40% wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia berasal dari Bali.

Peristiwa meletusnya Gunung Agung pun turut memukul industri pariwisata Bali dan Indonesia. Lewat keterangan pers yang diterima detikTravel, Senin (27/11/2017), Ketum GIPI Didien Djunaedy yang mewakili industri pariwisata Indonesia turut mengemukakan pendapatnya di Rakernas GIPI di Hotel Le Meridien, Jakarta, pagi ini.

 

“Sekian ratus pesawat akan cancel, tadi pagi kita baru ada 40-50 pesawat kali 737-800 (jenis pesawat – red), paling tidak satu hari ini seribu. Seribu yang berangkat itu tertahan, yang datang begitu juga, jadi rugi dua kali kita,” ujar Didien.

Dijelaskan oleh Didien, letusan Gunung Agung yang berdampak pada ditutupnya Bandara Ngurah Rai juga berimbas pada pembatalan penerbangan oleh sejumlah maskapai.

Otomatis pembatalan penerbangan juga menutup arus masuk wisatawan yang mau datang maupun keluar Bali. Suatu pukulan bagi dunia pariwisata Indonesia.

“Kenapa dua kali? Kita ingat krisis yang lama seperti Merapi, di Bali juga begitu. Kita lihat ini kan banyak turis itu yang tidak bisa berangkat. Ada yang sudah tidak punya uang, ada yang dia memang harus pulang harus kerja,” ujar Didien.

Terkait data pasti seputar jumlah wisatawan yang melakukan pembatalan kunjungan atau akomodasi di Bali, pihak GIPI dijelaskan Didien juga tengah memantau kondisi di lapangan. Mereka pun masih menunggu data pasti.

“GIPI ada di sana mereka juga lapor yang cancellation, tapi exactnya blom dapat. Tapi nanti mudah-mudahanan dini hari,” tutup Didien. (trv/dtk/com)

 

Sumber : traveldetik.com

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top