Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Tingkatkan Kompetensi Guru, Untuk Raih Pendidikan Karakter dan Prestasi

Tingkatkan Kompetensi Guru, Untuk Raih Pendidikan Karakter dan Prestasi

Sidoarjo – SDN Ngaresrejo Sukodono Sidoarjo terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik dibidang akademik maupun non akademik.

Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), untuk menghasilkan lulusan bekualitas, sehingga lulusan sekolah dapat memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa merupakan bentuk kegiatan sekolah.

Menurut kepala SDN Ngaresrejo Drs. Purnawan Juri Akno, M.Si, untuk mencetak siswa yang berprestasi yang pertama adalah peningkatan kompetensi guru karena guru merupakan sumber ilmu, yaitu melalui pelatihan, KKG, dan Pengembangan Keprofesian Guru (PKB), selanjutnya terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, seperti gedung sebagai penunjang, perpustakaan , sarana olahraga serta peningkatan manajemen sekolah..

Sekolah ini memiliki perpustakaan dengan nama Perpustakaan Pojok  ukuran 4×7 m , belum sesuai  standar yang berukuran 7×8 m, yang penting bagaimana menciptakan semangat bagi anak didik untuk membaca sebagai jendela ilmu dan menambah wawasan.

“Dan membaca tidak harus di perpustakaan di kelas juga bisa. 15 menit sebelum pembelajaran dimulai,  anak-anak  dibiasakan membaca. Dan perpustakaan ini pernah mendapat bantuan dari Usaid Prioritas berupa Buku Bacaan Berjenjang (BBB) sebanyak 600 eksemplar” lanjut Purnawan.

Untuk membentuk karakter religius anak – anak dibiasakan salam salim setiap pagi, bagi yang piket guru,  siswa datang lebih awal secara bergiliran untuk menyambut kedatangan siswa yang mau masuk sekolah, membaca asma’ul husnah, dan sholat  dzhur berjama’ah  dan istighosah. Selain itu mengadakan Peringatan Hari Besar Islam(PHBI), seperti tahun baru Islam, maulid nabi dan pondok ramadhan.

“Dan untuk menanamkan jiwa nasionalisme sekolah ini juga melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional,  seperti Kartinian, hari hahlawan dengan pawai, sepeda hias, pentas drama pada hari pahlawan, dan kegiatan ini sudah berjalan 2 tahun” tuturnya

Sekolah memiliki 286 siswa terdiri 9 rombel sedangkan ruang yang ada 7 kelas m berarti kekurangan 2 kelas, sedangkan tenaga pendidik 15, terdiri dari 7 PNS dan 8 tenaga honor.

Berkat kerja keras kepala sekolah dan dewan guru sekolah ini telah berhasil meraih beberapa prestasi antara lain,  pada 2017/2018 tingkat kecamatan diantaranya juara 1 Adzan, juara 2 lompat jauh putra, juara 2 pantomin, juiara 2 pidato bahasa Indonesia, juara 3 cipta dan puisi, juara 2 MTQ, juara 3 Al-Banjari dan pada 2016/2017 juara 1 lomba MIPA tingkat kecamatan dan masih banyak prestasi lainnya.

“Harapannya anak-anak lebih banyak meraih prestasi akademik maupun non akademik, juga dibidang keagamaan, dan pendidikan karakter bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari har”pungkasnya.(af).

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top