Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Tanamkankan Pendidikan Karakter Ala SDN Kalijaten Taman

Tanamkankan Pendidikan Karakter Ala SDN Kalijaten Taman

Sidoarjo – Idul Adha pada setiap 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, merupakan hari raya Islam dan  setiap tahun selalu diperingati, dan juga sebagai hari libur nasional yang jatuh pada Rabo, 22 Agustus 2018.

Selain dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Dan bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT

SDN Kalijaten Taman Sidoarjo dalam memperingati hari raya Idul Adha, dan  untuk pengembangan pendidikan karakter religius dan sosial, yaitu dengan menyembelih 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Sumber keuangan berasal dari infaq siswa-siswi selama 2 semester tahun ajaran 2017/2018, dan infaq para guru serta orangtua murid, selain itu juga ada yang dari alumni SDN Kalijaten juga ikut menyumbang.

Dan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di SDN Kalijaten pada Sabtu, 25 Agusutus 2018, di halaman sekolah.

Menurut kepala sekolah Tuti Larasati S.Pd. M. M.Pd, tentang makna Idul Adha adalah keikhlasan untuk berqurban , memberi dan berbagi sekaligus menjadi sarana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius dan kepedulian. Dan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini adalah untuk menumbuhkan rasa dermawan siswa-siswi sejak dini, agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, sesuai dengan arti kata qurban, yakni dekat,

“Tujuan penyembelihan hewan qurban adalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Berharap dengan kegiatan ini, mendapatkan ridho Allah, dan makna keikhlasan terhadap sesama, dan terutama pada warga SDN Kalijaten” kata larasati.

Selain itu dalam rangka memeriahkan  HUT RI ke 73, SDN Kalijaten mengadakan berbagai kegiatan selain perlombaan antar siswa juga menggelar pawai dengan berbusana perjuangan, diiringi  musik drumband keliling sekitar desa Kalijaten.

“Kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan, yang telah berjuang merebut kemerdekaan, menumbuhkan jiwa patriotisme (sifat kepahlawanan), dan nasionalisme(cinta tanah air), serta untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan para peserta didik” tuturnya.

Selanjutnya Larasati berharap agar peserta didik dapat meneladani sikap para pahlawan yang telah berjuang dengan tulus ikhlas untuk meraih kemerdekaan, dan peserta didik tidak hanya menikmati hasil jerih payah para pahlawan saja, tetapi juga mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, seperti belajar untuk meraih cita-cita yang tinggi, disertai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Dan menjadi generasi  penerus bangsa yang terampil dan berkarakter yang berguna bagi nusa dan bangsa” pungkasnya.(af)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top