Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Siswa SMP Muhammdiyah 12 GKB Simulasikan Robot Anti Korupsi

Siswa SMP Muhammdiyah 12 GKB Simulasikan Robot Anti Korupsi

Gresik – Sebuah mobil polisi melaju dengan cepat dan zig zag mengejar sebuah mobil yang melaju tak kalah kencangnya. Tampak juga di udara sebuah drone yang memantau situasi didaratan mencari target yang mereka cari.

Selang beberapa waktu pengejaranpun terhenti saat sebuah mobil menabrak tiang listrik yang ada di pinggir jalan. Pengejaranpun berhenti dan datang sebuah mobil yang mengangkut salah satu penumpang yang ada di dalam mobil yang menabrak tiang listrik tersebut.

Diatas tadi merupakan simulasi teather  robot yang dimainkan oleh siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB.

Rizki Ramadani Putra, siswa kelas delapan bersama teman – temannya satu kelompok ektra kurikuler robotic memainkan peran treatrikal robotic dengan menggambarkan pengejaran seorang koruptor yang akhirnya tertangkap karena menabrak tiang listrik.

Robot polisi atau yang nereka namakan Line tracer ini memainkan perannya sebagai polisi yang mengejar pelaku koruptor. Sedangkan Robot Koruptor diperankan oleh Line Follower mikro yang akhirnya harus menabrak tiang listrik. Dan satu lagi Transporter merupakan robot yang membawa tahanan untuk masuk ke rumah tahanak KPK yang telah disiapkan.

“ permainan robot menangkap koruptor ini bermula dari ramainya medsos tentang koruptor yang melarikan diri dan menabrak tiang listrik. Dari situlah ide memerankan teater robot ini dan merancangnya bersama teman –teman” ujar Rizki setelah memperagakan simulasi robotnya di aula sekolah. (19/11/2017)

Ichwan Arif Humas SMP Muhammadiyah 12 GKB menjelaskan kegiatan ini merupakan pembelajaran bagi anak. Mereka belajar anti korupsi melalui cerita tentang tahanan KPK yang disimulasikan dengan media robotic.

“ Ini merupakan kreasi dan ide dari anak – anak itu sendiri. Mereka mengasa kemampuannya dibidang robot dengan membuat semacam teater robot. Kelompok ektra kurikuler robotic ini belajar dua kali sebulan. Bersama – sama dengan 15 kelompok yang telah beberapa kali menjuarai lomba robotic yang diadakan di ITS.” Ujar Ichwan Arif.

Dia menambahkan dengan menuangkan ide – ide mereka diharapkan bisa memacu semangat dan kreatifitas mereka dibidang robotic.

“kami sangat mengapresiasi ide –ide mereka. Ini agar mereka tetap bersemangat dalam menciptakan ide – ide robot lainnya” pungkasnya. (shol)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top