Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > SD Integral Hidayatullah Tuban Didik Siswa Mandiri Melalui Program Homestay.

SD Integral Hidayatullah Tuban Didik Siswa Mandiri Melalui Program Homestay.

Tuban – Belajar bersosialisasi dengan lingkungan yang baru adalah hal yang berbeda bagi siswa – siswi SD Integral Hidayatullah Tuban ini.

Mereka dibawah pada  lingkungan yang selama ini tidak pernah di kenal, dengan menginap di rumah salah satu warga desa terpencil yang sangat jauh dari hiruk pikuk keramaian kota seperti yang biasa mereka dapati setiap hari.

Di sebuah desa yang bernama desa Kenongo Sari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban ini mereka harus menginap selama tiga hari dua malam untuk mengikuti kegiatan Homestay yang diselenggarakan oleh sekolah.

Kegiatan yang dilakukan pasca ujian semester ini dilakukan untuk mendidik siswa agar bisa bersosialisasi dengan lingkungan yang baru, disamping itu mereka juga diajak untuk mengunjungi home industry pembuatan tempe milik penduduk setempat.

Selain mereka melihat cara pembuatan produksi tempe yang tidak asing, mereka juga berkesempatan untuk mencoba ikut membuat produksi tempe tersebut. Nampak mereka sangat antusias dengan pembuatan tempe tersebut

Fendi Andianto Guru kelas yang mendampingi kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas enam.

“ ini merupakan program sekolah yang wajib diikuti oleh siswa kelas enam. Disamping sebagai pembelajaran tentang hubungan social masyarakat, pengenalan dengan alam lingkungan,  juga untuk mendidik anak agar lebih mandiri karena jauh dengan orang tua.” Ujar Fendi yang juga  menjabat sebagai waka kurikulum. (19/12/2017)

Untuk mengisi Kegiatan akhir semester SD Integral Hidayatullah Tuban telah dua periode menyelenggarakan kegiatan Homestay. Kegiatan yang  ini bertujuan untuk membentuk anak agar mudah berinteraksi dengan lingkungan yang baru, belajar mandiri dan refresing agar tidak jenuh setiap hari harus bergelut dengan buku pelajaran.

SD Integral Hidayatullah yang beroperasi sejak 2011 ini bertekad selain memberikan ilmu sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Pihak sekolah juga ingin mencetak siswa yang handal, berprestasi, bertaqwa dan Mandiri. Kegiatan yang diikuti 8 siswa kelas 6  ini dilakukan sejak tanggal 18 – 20 Desember 2017.

“ini merupakan angkatan kedua untuk program homestay, angkatan pertama dilaksanakan di Palang. Sengaja kami mencari lokasi yang jauh dari orang tua. Karena tujuan kami adalah untuk mendidik agar siswa bisa Mandiri” pungkasnya. (shol)

 

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top