Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > SD Inspiratif Muhammadiyah 15 Surabaya Gelar ACI Games, Unik dan Menarik

SD Inspiratif Muhammadiyah 15 Surabaya Gelar ACI Games, Unik dan Menarik

Cahayapena.co.id – Sebanyak 750 siswa –siswi mulai kelas 1 hingga kelas VI, dan didampingi 75 guru mencoba untuk mempraktekan teori permainan tradisional  dengan tujuan mereka bisa memelihara , melestarikan dan membiasakan dalam kehidupan sehari- hari.

Siswa-siswi sekolah inspiratif SD Muhammdiyah 15 sudah mengenal permainan tradisiona  Indonesia dalam proses pembelajaran di sekolah

Menurut ketua panitia Zaenol Ghazali, Indonesia adalah negara yang memiliki beragam budaya, bahasa dan agama, tidak hanya itu Indonesia juga adalah negara dengan alam menabjubkan beserta rempah-rempah maupun flora dan fauna. Anak-anak harus bangga punya banyak permainan tradisional, yang belum tentu negara lain memiliki.

“permainan tradisional Indonesia termasuk kedalam ciri khas tersendiri dibandingkan negara lain. Indonesia sendiri memiliki permainan tradisional dari berbagai daerah dengan jumlah yang tidak sedikit” sambung Zaenol.

Kepala sekolah M. Natsir M.Pd mengatakan “ kegiatan ini dalam rangka ACI games untuk mengenalkan permainan tradisional, ini salah satu program sekolah inspiratif cinta budaya tradisional Indonesia. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan , dan pihak sekolah secara resmi  berkerjasama dengan Dispora kota Surabaya.

“Berharap dengan kegiatan ini bisa mengembalikan budaya tradisional Inodosesia yang selama ini hampir punah seiring dengan kemajuan tehnologi, kegiatan ini juga sebagai penguatan pendidikan karakter, juga salah satu peningkatan mutu sekolah dalam  pengenalan lingkungan dan budaya Indonesia” lanjut M. Natsir.

Kegiatan ACI (Aku Cinta Indonesia)games dilaksanakan pada selasa (17/10/2017) di halaman SD Muhammadiyah 15 dihari inspiratif, sehingga anak-anak memakai baju inspiratif sesuai dengan cita-citanya. Diantara permainan tradisional yang dilombakan adalah balap kelereng, bakiak, daur ulang sampah, pati lele dan mewarnai. Selain itu juga ada permainan dakon, dan tangga ular.

Kareina Nafisa siswa kelas 5 Buya Hamka salah satu peserta lomba bakiak mengatakan” saya bersama kedua teman saya Intan Romadhoni Izza Ariyanti dan Syifana Aulicia aris harus menang, jadi juara dengan mengalahkan musuh-musuh saya nanti,,haha”sambil mengepalkan tangan baca bismillahirrahmaanirrohiim.

“Saya mengenal permainan tradisional bakiak ini saat saya masih kelas 3, waktu itu belum berani takut jatuh, ketika naik kelas 4 saya sudah berani mencpba. Naah ..Alhamdulillah saat ini ada lomba bakiak, saya ditunjuk teman-teman untuk mewakili kelas 5 dan punya semangat juara” lanjutnya sambil menata bakiaknya dan siap bertanding.

Sementara itu  salah satu team EO Impactplus Nisa mengatakan “ACI games digagas oleh Impactplus yang bekerja sama denagan Dispora Jatim dan Komunitas Olahraga Tradisional Surabaya, untuk SD Muhammadyah 15 hanya salah satu dari 30 sekolah yang ada di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

“ Kegiatan  ACI games baru yang pertama, dan selanjutnya akan dipatenkan, untuk dilakukan tiap tahun bahkan sampai ke tingkat nasional” lanjut Nisa.(af).

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top