Anda berada di :
Rumah > Hukum > Polisi Selidiki Kasus Dugaan Kecurangan UNBK di Surabaya

Polisi Selidiki Kasus Dugaan Kecurangan UNBK di Surabaya

Surabaya – AKBP Sudamiran Kasatreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan akan mendalami kasus dugaan kecurangan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di salah satu SMP Negeri di Surabaya.

Sudamiran mengatakan, setelah malam ini Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya membuat laporan polisi ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), tim Reskrim akan bergerak melalukan penyelidikan.

“Ya untuk kasus UNBK Kepala Dinas Pendidikan Surabaya telah membuat laporan, besok kami lakukan penyelidikan,” katanya.

Sudamiran mengatakan, akan melakukan investigasi menyeluruh terkait kasus ini.

“Kami akan melakukan investigasi menyeluruh mengamankan barang bukti dan meminta keterangan saksi,” ujarnya.

Sebelumnya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya merespon adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) di salah satu SMP negeri Surabaya.

Temuan awal ditemukan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya yang saat itu sedang memantau jalannya proses UNBK SMP/MTs melalui Pos terpadu.

Adanya kecurangan pada pelaksanaan UNBK tersebut, bukanlah sebuah kebocoran soal. Namun, ada indikasi akses illegal yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dirinya juga belum bisa memastikan apakah soal ujian yang diakses secara illegal tersebut yang benar diujikan.

Di sekolah tersebut, terdapat 35 komputer. Tapi yang diakses oleh teknisi ada 5 komputer. Kemudian soal itu difoto oleh teknisi dan diberikan ke pihak luar untuk dikerjakan.(ss/net)

 

 

Sumber : suarasurabaya.net

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top