Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Peringati Isro’ Mi’roj, SDN Kragan Gedangan Gelar Bakti Sosial

Peringati Isro’ Mi’roj, SDN Kragan Gedangan Gelar Bakti Sosial

Foto : penerima bantuan dari SDN Kranggan

Sidoarjo – SDN Kragan Gedangan Sidoarjo terus berupaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, cerdas dan berkarakter yang berdasarkan Iptek dan Imtaq.

Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan  bakti sosial (baksos ) yang merupakan  wujud rasa kemanusiaan peduli terhadap sesame. Bakti sosial  sekaligus memperingkat Isro’ Mi’roj nabi besar Muhammad SAW, dan RA Kartini yang dilaksanakan di SDN Kragan. Sabtu(28/4/2018)

Baksos dengan memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai kepada 20 orang yang berasal dari janda-janda tua miskin dan kaum Duafa di lingkungan desa Kragan kecamatan Gedangan Sidoarjo.

Foto : Kepala desa Kragan H. Fatchur Rochman saat menyerahkan bantuan
Foto : Kepala desa Kragan H. Fatchur Rochman saat menyerahkan bantuan

Kegiatan Bakti sosial ini dihadiri kepala desa Kragan H. Fatchur Rochman beserta istri sebagai ketua kelompok penggerak PKK, dan kepala TK Dharma Wanita Persatuan.

Dalam sambutanya H. Fatchur Rochman mengatakan,  bakti sosial ini dalam bentuk pemberian bantuan  berupa  bahan pokok, dan uang tunai yang  merupakan bukti sosial kepada masyarakat yang layak membutuhkannya.

Walaupun kegiatan Baksos dan Isro’ Mi’roj ini dilaksanakan secara sederhana yang terpenting banyak hikmahnya, dan semoga  anak-anak bisa memahami  tentang peristiwa Isro’ Mi’roj dengan melaksanakan sholat lima waktu tepat pada waktunya.

Selain itu dengan peringatan hari Kartini sebagai tokoh nasional, diharapkan anak –anak bisa mencontoh, dan meneladani serta meneruskan perjuangan beliau yaitu samangat untuk belajar agar tercapai apa yang dicita-citakan.

Sementara itu menurut kepala sekolah Yuniar Maulida S.Pd sumber dana yang dihimpun sebesar Rp 5. 100.000,- berasal dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, tokoh masyarakat, warga luar desa yang terdekat, dan bekerja sama dengan Yayasan Al-Ikhlas.

“Bakti sosial yang dilakukan SDN Kragan adalah untuk menumbuhkan jiwa sosial peduli terhadap sesama bagi peserta didik serta mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong,rasa saling peduli  kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka”kata  Yuniar Maulida S.Pd

Dengan peringatan Isro’ Mi’roj terkait prihal sholat anak bisa memperbaiki kualitas sholat dengan  meningkatkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta ukhwah islamiyah.

RA Kartini menurutnya seorang tokoh wanita yang luar biasa, dimana pada masa itu wanita tertindas beliau mempelopri kaum wanita untuk menuntut persamaan derajat dengan kaum pria khusunya dibidang pendidikan.

“Wanita juga merupakan  madrasatul Ula yaitu tempat penddikan yang pertama bagi anak-anaknya , maka wanita harus pintar , harus menutut ilmu dalam profesi  apapun yang sama dengan pria, namun tidak melupakan kodratnya sebagai wanita,  sebagi ibu bagi anak-anak, dan melaksanakan tugas sebagai pendamping suami” pungkasnya.

Acara bakti sosisial ini diisi dengan pembacaacn ayat-ayat suci Al-Qur’an, pembacaan puisi Isro’ Mi’roj dan penampilan samroh dari siswi SDN Kragan. (af)

 

 

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top