Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Peringati Hari Kartini Dengan Teladani Perjuangan Kartini

Peringati Hari Kartini Dengan Teladani Perjuangan Kartini

Sidoarjo – Setiap tanggal 21 April, setiap tahun diperingati sebagai Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini diambil dari nama pahlawan nasional perempuan bernama Raden Ajeng Kartini.

SDN Sedati Agung kecamatan Sedati Sidoarjo memperingati hari kartini tidak seperti tahun sebelumnya. Untuk tahun ini dilaksanakan secara sederhana upacara bendera diikuti ratusan siswa mulai kelas 1 hingga kelas VI, seluruh dewan guru dan  kelompok kerja (Pokja), kegiatan dilaksanakan dihalaman sekolah.(21/4/2018)

Dan yang berpakaian kartini hanya Pokja dan dewan guru, sekaligus menjadi komandan, dan pemimpin upacara, dan yang menjadi pembina upacara adalah kepala sekolah Hari Winarti, S.Pd

Ada yang menarik dalam memperingati hari kartini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pemahaman tentang sosok Kartini yang menuntut persamaan derajat dengan kaum pria, yaitu lomba membaca puisi untuk guru dan pokja yang berkaitan dengan kartini. Selain itu ada lomba melukis atau mewarnai, dan menghias dengan memberikan slogan kartini zaman sekarang.

“Peringatan hari kartini ini untuk  mengenang jasa-jasa beliau dalam emansipasi wanita, menuntut persamaan derajat dengan kaum pria tanpa mengurangi kodratnya sebagi seorang wanita, sebagai ibu bagi anak-anak dan melaksanakan tugas sebagai pendamping suami”kata  Hari Winarti, S.Pd selaku kepala sekolah.

“Berharap dengan hari kartini kami dan peserta didik punya semangat dan menghargai jasa-jasa beliau serta meneladani dan meneruskan perjuangannya” tuturnya.

Sementara itu menurut Ketua Pokja Wiwit Ayu Prihandini wali murid kelas VI, Kartini dikenal sebagai sosok wanita yang mempelopori kesetaraan derajat antara wanita dan pria di Indonesia. Banyaknya diskriminasi yang terjadi pada masa itu, perempuan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan tinggi.

“Perempuan yang modern harus bisa mengikuti perkembangan zaman, bisa mengeyam pendidikan disegala bidang, bisa berkarier dibidang apa saja selama tidak menyalahi kodratnya sebagai seorang wanita,  semangat beliau harus dicontoh” lanjut Wiwit.

“Dengan kemajuan tehnologi terkait dengan moral anak-anak juga perlu dijaga, harus pandai-pandai menyikapi ini tugas berat bagi seorang ibu. Dan anak –anak harus mencontoh semangat kartini dengan giat belajar untuk mencapai prestasi yang lebih baik” pungkasnya.(af)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top