Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Memupuk Gemar Menulis di Usia Dini Dengan Lomba Mengarang

Memupuk Gemar Menulis di Usia Dini Dengan Lomba Mengarang

Suasana menulis anak anak kelas 5 SDM Limas

Surabaya –  Sekolah SDM Limas Surabaya kedatangan tamu dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Balai Bahasa Jawa Timur, dalam rangka lomba  menulis karangan untuk anak usia 10-11 tahun.  (18/3/2018)

 

Lomba menulis karangan dengan tema bebas, untuk anak kelas 5  menulis dilakukan di kelas masing masing dan nanti akan ditentukan 10 tulisan terbaik dari 120 siswa, yang akan diserahkan  Peneliti Bahasa.

 

Di Sekolah Inspiratif SD Muhammadiyah 15 Surabaya, yang terletak di jalan mastrip 174 Surabaya Peneliti Bahasa yang dipimpin Drs. Yani Prayono, M. Pd masuk ke ruang Media Center Limas dilantai 3. Kemudian menyapa siswa – siswa yang ada di ruangan

“Assalamualaikum, bagaimana anak anak sehat semua, sudah siap menulis? ” Tanya Yani, panggilan akrabnya, yang sudah 17 tahun menggabdi sebagai peneliti bahasa di Jawa Timur kelakarnya dengan suara pelan.

 

“Anak anak saat ini mari kita menulis sesuai kemampuan anak anak dengan tema “Cinta Tanah Air” ok, siap ya… Ada waktu 1 jam untuk menulis karangan. ” Sambung Yani,  sambil membagi 1 lembar folio bergaris ke peserta.

 

Disela sela menunggu selesai penulisan anak anak, Yani, saat ditemui menambahkan, “tujuan utama kegiatan ini adalah pengumpulan data , penguasaan kosa kata bahasa Indonesia, antara lain untuk mengetahui  sejauh mana perkembangan siswa Sekolah Dasar kelas 5 di Jawa Timur mampu menguasai kosa kata bahasa Indonesia.”

 

Kegiatan menulis ini, setiap tahun dilaksanakan, hasilnya akan diteliti di tingkat propinsi dan akan ditindaklanjuti di Jakarta, sebagai petimbangan kebijakan penentuan bahan ajar sesuai perkembangan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata bahasa Indonesia.

 

Di akhir penulisan karangan, Yani, berpesan pada anak anak, agar gemar membaca dan membuat tulisan sebanyak banyaknya, sebagai wujud kreatifitas anak bangsa yang cerdas, kreatif dan inspiratif. (Af)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top