Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Mantapkan Spriritual dan Keyakinan. Ratusan Siswa MINU Trate Ziarah Kemakam Wali

Mantapkan Spriritual dan Keyakinan. Ratusan Siswa MINU Trate Ziarah Kemakam Wali

Minu1 Minu2

Gresik – Tidak  hanya persiapan belajar  saja, menjelang Ujian Nasional Sekolah Dasar (Unas SD) Sekitar 140 siswa kelas 6 Madrasah Ibtida’iyah (MI) NU Trate putra dan putri Gresik yang akan mengikuti Unas SD Senin pekan depan (16/5),  melakukan ziarah ke makam Raden Santri di jalan Raden Santri, Kamis Pagi (12/5).

Para siswa – siswi berjalan sekitar 2 kilometer dari sekolahnya, kemudian  mengambil tempat di sekeliling pusara sepupuh Syeikh Maulana Malik Ibrahim. Didampingi oleh wali kelasnya, mereka kemudian membaca tahlil dan doa bersama-sama.

Salah seorang siswi Ramadhanti calon peserta unas SD, usai doa mengatakan, ziarah dan doa bersama yang dilakukannya di makam Raden Santri atau yang bernama asli Syajid Ali Murtadlo ini sebagai salah satu upaya agar dia dan teman-temannya lebih siap dalam menghadapi unas.

“Saya dan teman-teman berdoa disini supaya siap menghadapi ujian. Tidak hanya kelas 6 saja, tapi adik kami yang kelas 2 juga ikut ziarah bersama-sama,” ujar Ramadhanti usai membaca Surat Yasin.

Kegiatan ini merupakan penguatan spiritual dan memberikan kemantapan mental siswa – siswi dalam menghadapi Unas nanti. Dengan keyakinan yang kuat dan persiapan yang matang. Diharapkan siswa – siswi yakin dalam menjawab soal – soal Unas besok.

Sementara itu menurut kepala sekolah Madrasah Ibtida’iyah (MI) NU trate putri Gresik, Purwanto mengatakan, doa bersama di makam Tokoh penyebar agama islam di tanah Jawa, Madura, Bali, dan Ampenan Nusa Tenggara  ini merupakan upaya sekolah untuk menguatkan mental siswa peserta Unas.

“Semangat belajar dalam menghadapi Unas itu sudah pasti. Namun, agar anak-anak lebih siap mentalnya, kami sengaja mengajak mereka ke makam sini untuk menjalani kegiatan Spiritual, “katanya.

Doa bersama di makam para wali kerap kali dilakukan tidak hanya oleh siswa SD saja. Sebelumnya, menjelang pelaksanaan Unas tingkat SMP dan SMA, makam Raden  Santri yang juga kakak dari Sunan Ampel  juga ramai dikunjungi peziarah dari kalangan pelajar calon peserta unas dari Sekolah lain. (shol)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top