Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > Lestarikan Warisan Budaya, SD Mugeb Gresik Buat Gerakan Seribu Damar Kurung

Lestarikan Warisan Budaya, SD Mugeb Gresik Buat Gerakan Seribu Damar Kurung

SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik membuat gerakan seribu damar kurung.

Gresik – Upaya melestarikan warisan budaya, SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik membuat gerakan seribu damar kurung. Ini merupakan implementasi gerakan satu rumah satu damar kurung digelorakan.

Peluncuran gerakan ditandai dengan penyerahan damar kurung dari Budayawan Kris Adji AW, kepada dua siswa sekolah penggerak tahap I itu. Yaitu Luqman Asmi kelas IV Sulawesi dan Alisa Lidya kelas IV Sumatera.

Selain itu, juga ditandai penyerahan piagam keikutsertaan SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik dalam program ‘Gerakan 1 Rumah 1 Damar Kurung’ dengan pengadaan damar kurung sejumlah seribu. Kali ini, Kepala SD Mugeb M Nor Qomari SSi yang menerima piagam penghargaan tersebut.

Ketua Ikatan Wali Murid (Ikwam) SD Mugeb M Syaiful Anwar juga turut hadir di tengah para siswa kelas I-VI yang kompak berbaju kasual nuansa merah putih.

“Kami sangat mendukung gerakan ini,” katanya ketika ditemui pada Selasa (16/8/2022).

Kepala SD Mugeb M Nor Qomari menerangkan, peluncuran gerakan ini dalam rangka mendukung Gerakan Satu Rumah Satu Damar Kurung.

Di hadapan 928 siswa sekolah ramah anak itu, pria yang akrab disapa Ari ini menyatakn damar kurung akan dibagikan dan dipasng di rumah siswa.

“Nanti damar kurungnya dibawa ke rumah dan dipasang di rumah ya untuk merayakan HUT Republik Indonesia ke-77,” ujarnya.

Dikatakan Ari, alasan mengikuti gerakan ini karena kepedulian dan bentuk kecintaan terhadap warisan budaya.

“Dari Gresik untuk Indonesia,” ujarnya.

Dalam peluncuran gerakan itu, ada aksi teatrikal siswa menyemarakkan ceremony peluncurannya. Puisi ‘Kembalikan Indonesia Padaku’ karya Taufiq Ismail terlantun di tengah lapangan.

Selanjutnya, aneka tampilan tarian daerah dari penjuru Indonesia juga sambung-menyambung siswa tampilkan.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top