Anda berada di :
Rumah > Komunitas > Desa Pangkah Kulon, Jadi Jujukan Study Banding Para Kades Dari Luar Pulau

Desa Pangkah Kulon, Jadi Jujukan Study Banding Para Kades Dari Luar Pulau

pangkah1

GRESIK – Harus diakui bahwa desa yang sarat dengan berbagai inovasi memang layak diacungi jempol. Beberapa kali mendapatkan penghargaan baik di tingkat propinsi maupun kabupaten. salah satunya sebagai juara pertama dalam Sunan Giri Award.
Hal inilah yang menjadikan Desa Pangkah Kulon ini menjadi rujukan bagi desa – desa lain baik dari dalam propinsi maupun dari propinsi lain. Salah satunya pada hari ini, Kamis,( 27/10/2016), Dijadikan Jujukan Study Banding kepala desa se-kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Propinsi Kalimantan Selatan.
Program Aplikasi Pelayanan Desa yang diberi nama Desa Kita ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta study banding yang jauh – jauh dari Kalimantan ke Desa Pangkah Kulon. Dengan Aplikasi yang diciptakan oleh tim IT. Pelayanan yang diberikan ke masyarakat bias lebih efektif dan efisien.
Kepala Desa PAngkah Kulon Ahmad Fauron, S.Sos.I menjelaskan bahwa segala pengurusan surat –surat bisa dilayani dalam waktu singkat, yakni kurang dari 30 detik. Tentunya ini sangat membantu sehingga masyarakat tidak perlu menunggu lama hanya untuk mengurus sebuah surat.
“Aplikasi ini memang dirancang sebagai penunjang dalam melayani masyarakat desa pangkah kulon. Masyarakat bisa dilayani hanya dalam waktu kurang dari 30 detik surat yang dibutuhkan sudah bisa dibawah pulang” ujar Ahmad Fauron, S.Sos.I kepada wartawan.
Aplikasi ini sebelumnya sudah ada, namun karena masih ada beberapa kelemahan maka hal itu disempurnakan lagi oleh tim IT. Sebelumnya memakan waktu lebih lama, sehingga masyarakat masih belum puas dengan pelayanan ini.

pangkah2
Sebanyak 21 Kepala desa ini dengan serius mempelajari dan sesekali mencoba menggunakan apliklasi tersebut dan merasa takjub dengan tehnologi yang sudah digunakan oleh Desa Pangkah Kulon.
Seperti yang disampaikan oleh salah satu Kades yang juga selaku Ketua Perpades (Persatuan Kepala Desa) se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Bahwa desa ini memang sudah memanfaatkan tehnologi yang ada. Dan ini belum kami lakukan disana.
“aplikasi ini sangat bermanfaat untuk melayani masyarakat, harapan kami, bisa belajar dan menerapkan ilmu yang kami dapat dari sini, untuk dipraktekkan di seluruh desa se Kecamatan Pandawan. Syukur jika bisa digunakan se kabupaten Hulu Sungai Tengah” Ujarnya.
Selain mempelajari aplikasi yang ada, para kepala Desa ini juga mengunjungi beberapa pelaku UKM, dan mempelajari BUNDes yang ada di Desa Pangfkah Kulon. (shol)

 

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

One thought on “Desa Pangkah Kulon, Jadi Jujukan Study Banding Para Kades Dari Luar Pulau

Tinggalkan Balasan

Top