Anda berada di :
Rumah > Komunitas > Target Rekor MURI, Pemkot Gelar Persami Akbar Sejuta Pramuka Surabaya

Target Rekor MURI, Pemkot Gelar Persami Akbar Sejuta Pramuka Surabaya

Dilihat 1598

pramuka2

Surabaya – Pemkot Surabaya akan menggelar sejuta tenda Pramuka mulai Sabtu (26/11/2016). Kegiatan yang digelar seperti Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) ini melibatkan seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) se-Surabaya, mulai pelajar SD hingga Pembina, dan berbagai lapisan masyarakat se-Kota Surabaya.

Wisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya mengatakan, kegiatan perkemahan akbar ini akan diselenggarakan selama dua hari dengan pusat kegiatan di SMKN 5 Surabaya.

Turut menjadi undangan dalam acara ini, anggota Pramuka dari Gresik, Mojokerto, Madura, dan Sidoarjo, serta melibatkan semua elemen yang menyangkut Pramuka.

Pemerintah Kota Surabaya, kata Wisnu, juga mengadakan persami di masing-masing kecamatan yang diikuti karang taruna, koramil, dan polsek.

“Ada 31 kecamatan yang turut berpartisipasi. Ini juga merupakan salah satu bukti eksistensi pramuka di Kota Pahlawan. Perkemahan akbar ini akan menjadi sarana menekan angka kenakalan remaja,” kata Wisnu di Balai Kota Surabaya, Jumat (25/11/2016).

pramuka1

Rencananya kegiatan ini akan diikuti 1.140.000 peserta. Museum Rekor Indonesia (MURI) berencana hadir untuk mencatat kegiatan ini.

“Saya optimis acara ini akan meriah, semoga bisa lebih dari tamu undangan yang berpartisipasi,” kata Wisnu yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Surabaya.

Sementara, Siti Mariyam Ketua Umum Sejuta Pramuka mengatakan, akan ada mentoring dari Korem 084 Bhaskara Jaya kepada para peserta. Mulai dari Ketangkasan membangun tenda, belajar morse, tali temali, hingga api unggun.

“Semua sekolah juga akan melakukan persami di masing-masing gugus depan mereka. Khusus siswa sekolah dasar kelas 1-3 akan melakukan perkemahan satu hari (Persari), dengan didampingi walimurid. Walimurid akan mengenakan baju pahlawan, lengkap dengan hasduk atribut Pramuka,” ujar Siti Mariyam.

Kegiatan ini juga akan menyelenggarakan penyematan Lencana Dharma Bakti Pramuka kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Lencana Dharma Bakti Pramuka, kata Siti, sebagai penghargaan atas dedikasi dan sumbangsih terhadap kemajuan Gerakan Pramuka selama ini.

“Rencananya, nanti juga akan hadir Ibu Puan Maharani Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) untuk menandatangani prasasti perkemahan serempak sejuta peserta,” katanya. (ss/net/cp)

 

 

 

Sumber : suarasurabaya.net

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top

Selamat Hari Raya Idul Fitri


 

This will close in 10 seconds