Anda berada di :
Rumah > Pendidikan > 20 Pelajar Kaltim Pelajari Sosial Budaya Masyarakat Banten

20 Pelajar Kaltim Pelajari Sosial Budaya Masyarakat Banten

siswa mengenal nusantara

CILEGON – Sebanyak 20 orang pelajar pilihan asal Kalimantan Timur (Kaltim) dengan lincah menampilkan tarian rampak bedug di Hotel The Royale Karakatau Cilegon, Sabtu 13 Agustus 2016.

Tarian persembahan tersebut ternyata mampu dikuasai dengan baik hasil selama pelatihan mengenal kesenian Banten. Keterampilan seni budaya tersebut akhirnya sukses dipertunjukkan oleh para pelajar asal Kaltim itu dalam acara pelepasan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016.

Dalam kurun waktu kurang dari 7 hari, 20 pelajar tersebut mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di wilayah Banten. Ini merupakan program persembahan dari sejumlah perusahaan BUMN, diantaranya adalah PT Karakatau Steel, PT Jiwasraya, PT Adhi Karya, PT Kawasan Briket Nusantara, dan sejumlah BUMN pendukung lainnya dari Kaltim.

Dalam program ini duta pelajar asal Kaltim mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan mempelajari potensi sosial, seni dan budaya di Banten. Diantaranya adalah mengunjungi situs sejarah Banten Lama, berbagi pengalaman ke beberapa sekolah unggulan dan menginap di Pondok Pesantren, serta mengenal kehidupan sosial dan budaya masyarakat adat Baduy dan berwisata ke Pantai Anyer.

Duta pelajar Kaltim juga mendapatkan kesempatan berkeliling melihat aktifitas industri di Cilegon seperti kawasan PT Krakatau Steel, PT Krakatau Posco, dan juga Pelabuhan Merak.

Penanggung jawab program SMN di Banten, Agus Nizar Vidiansyah mengatakan, ini adalah program pertukaran pelajar, dimana saat ini ada 20 anak asal Kaltim datang ke Banten, dan dalam waktu bersamaan 20 anak asal Banten juga melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur.

“Diharapkan kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk saling belajar dan saling memahami toleransi antar budaya nusantara,” kata Vidi.

Lebih lanjut, dengan program SMN, setiap anak tertanam rasa mencintai negaranya, dimana hidup kebinekaan budaya, dan juga sangat kaya akan potensi alamnya. (fer)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top