Anda berada di :
Rumah > Nasional > Ponpes Mambaus Solihin Upacara Bendera Dengan Bahasa Arab dan Inggris

Ponpes Mambaus Solihin Upacara Bendera Dengan Bahasa Arab dan Inggris

Foto : Upacara oleh Santri Ponpes Mambaus Solihin Kabupaten Gresik menggunakan Bahasa Arab dan Inggris

GRESIK – Upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 73 RI, ribuan santri Ponpes Mambaus Solihin, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, melakukanya dengan cara unik. Mereka upacara Kemerdekaan RI dengan memggunakan Bahasa Arab dan Inggris.

Hal itu dilakukan bukan yang pertama kali, tahun lalu Ponpes yang terletak di Desa Suci, Kecamatan Manyar juga menggunakan dua bahasa tersebut dalam upacara bendera.

Dimulai sejak Pukul 08.00 hingga 09.30 WIB. Upacara dibagi, santri laki-laki diinstrukturi Ust. H. Moh Muqsith. Sedangkan santri putri diinstrukturi oleh Ustadz H Moh Najib.

Sementara di putri kelas Madrasah Tsanawiyah diinstrukturi oleh Ust H Abdul Malik selaku Wakil kepala Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin.

Pengurus Pesantren Mambaus Solihin, Abdul Fattah menjelaskan, kegiatan upacara tersebut berlangsung dengan hikmat. Meskipun menggunakan Bahasa Arab dan Inggris, para santri sangat antusias mengikuti.

“Untuk melatih kemampuan berbahasa asing khususnya Bahasa Arab dan Inggris yang sehari-haru digunakan sebagai bahasa pengantar percakapan di pesantren,” katanya, Jumat (17/8/2018).

Ke depan, Fattah berharap tak hanya menggunakan Bahasa Arab dan Inggris, namun juga diikuti oleh bahasa asing lainnya. Itu dilakukan dalam rangka penguasaan bahasa asing yang sudah dipraktikkan di Ponpes sebagai komunikasi sehari-hari.

“Harapannya akan juga diikuti dengan bahas Arab dan Inggris dan bahasa asing lainnya. Serta dapat pula diikuti oleh pondok-pondok cabang yang saat ini sudah tersebar hingga ke Bintan, Bali dan Maluku,” jelas Abdul Fattah, Pengurus Ponpes Mambaus Solihin. (Mal)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top