Anda berada di :
Rumah > Nasional > Eni Maulani Dan KLHK Bantu Pembangunan Disgester Ternak Senilai 1 Milyar

Eni Maulani Dan KLHK Bantu Pembangunan Disgester Ternak Senilai 1 Milyar

Gresik – Kontrak bantuan  untuk  pembangunan digester ternak sebesar 1 Milyar ditandatangani antara anggota komisi VII DPR RI Hj. Eni Maulani Saragih, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) H Laksono dan Pemilik Peternakan H. Sholeh bertempat  di desa campurrejo kecamatan Panceng kabupaten Gresik. (1/3/2018)

Eni yang merupakan anggota DPR RI Dapil X Gresik- Lamongan ini mengungkapkan, banyaknya limbah yang ditimbulkan dari peternakan sapi ini harus di manfaatkan sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

“Saya saat rapat dengan kementerian lingkungan hidup dan membahas tentang pengelolaan limbah ternak. Teringat pak H. Sholeh yang memiliki banyak ternak kambing dan sapi. Limbah kotoran ternak yang selama ini hanya di buat pupuk akan lebih manfaat lagi jika di ubah menjadi biogas. ” Kata Eni Maulani .

 

Menurut Eni, Hal ini akan sangat membantu meringankan beban masyarakat akan kebutuhan gas elpiji yang saat ini semakin mahal.Jika satu tabung Elpiji 5 kg yang biasanya bisa digunakan selama 4-5 hari, Dari hasil limbah lima ekor sapi bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan  memasak dan penerangan satu keluarga. ini akan sangat membantu mengurangi beban masyarakat akan kebutuhan gas elpiji.

Di peternakan H Sholeh ini sangat berpotensi besar untuk pembangunan disgater. Karena bahan baku Berupa kotoran ternak Sangat melimpah. Ratusan sapi dan ribuan kambing yang berada di peternakan bisa mensuplay bahan baku untuk menhasilkan gas dari hasil pengolahan limbah.

Akan ada 8 peternak sapi yang ada di kabupaten Gresik yang bakal menerima bantuan pembuatan Digester Ternak yang tersebar di empat kecamatan yakni di Kecamatan Panceng, Menganti, Dikun dan Wringinanom.

Sementara H. Sholeh yang mendapat pembangunan Digester ternak sebesar 1 Milyar ini  menyoroti pemerintah agar jangan hanya bisa memberi bantuan tetapi harus ada pembinaan.

“Pemerintah dalam memberi bantuan itu juga harus dibarengi pembinaan dan pengawasan. Sehingga pemerintah tahu bantuan yang di kucurkan tersebut hilang apa berkembang” ujarnya.

Rencananya jika program ini berjalan dengan baik. Maka semua hasil proses pengolahan limbah tersebut akan disalurkan untuk masyarakat sekitar.

Acara sosialisasi dan penandatanganan kontrak pemberian bantuan pembangunan Digester Ternak Selain dihadiri oleh Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih dan Direktorat Jenderal Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK H. Laksono juga dihadiri oleh Ketua DPD Golkar Nur Khamim, anggota FPG DPRD Gresik, Asro’in Widiyana (Sho)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top