Anda berada di :
Rumah > Nasional > Bupati Gresik Raih Penghargaan Kesehatan Swasti Saba Wistara 2019

Bupati Gresik Raih Penghargaan Kesehatan Swasti Saba Wistara 2019

Gresik – Satu lagi penghargaan bidang kesehatan diterima oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yaitu Swasti Saba Wistara.

Penghargaan Swasti Saba Wistara ini diterima oleh Bupati Sambari di Gedung Kementerian Dalam Negeri di Jakarta pada Selasa (19/11/2019). Saat itu Bupati didampingi oleh isterinya yang juga sebagai Ketua Tim Pembina KKS, Hj. Maria Ulfa Sambari.

Diterimanya penghargaan ini karena Pemerintahan Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim menjadikan bidang Kesehatan sebagai skala prioritas dalam pembangunan.

Beberapa penghargaan bidang kesehatan yang pernah diterima sebelumnya yaitu Swasti Saba Padapa, selanjutnya penghargaan swasti saba Wiwerda.

Pemkab Gresik menerima penghargaan bidang kesehatan ini berturut-turut karena komitmen sebagai Kabupaten sehat. Hal tersebut diwujudkan dengan kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang menjadi kesepakatan masyarakat dan pemerintah daerah.

Atas komitmen itu, Kabupaten Gresik diganjar penghargaan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia berupa penghargaan Swasti Saba Wistara.

“Alhamdulillah, atas doa dan dukungan masyarakat, kami tetap berkomitmen mewujudkan Gresik sebagai Kabupaten sehat dan juga layak huni bagi warganya,” ungkap Bupati Sambari.

Ia menyatakan, bahwa semua pihak termasuk pemerintah daerah mempunyai tanggungjawab yang sama dalam menjaga lingkungan dan menerapkan tatanan Kabupaten Sehat.

“Berbagai kebijakan telah kami laksanakan dalam rangka penerapan tatanan Gresik sebagai Kabupaten Sehat,” ujar Bupati.

Diterimanya penghargaan itu, menurut Bupati Sambari, bukan menjadi tolok ukur utama. Namun yang terpenting adalah menjaga komitmen untuk melaksanakan tata kelola dan menerapkan tatanan Kabupaten Sehat untuk terus dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Penghargaan ini kami jadikan motivasi, selebihnya adalah komitmen bersama untuk melaksanakan program Gresik Kabupaten Sehat sesuai dengan tatanan yang berlaku,” pungkasnya.

Selain itu, salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Gresik melalui OPD terkait adalah dengan menjalin sinergitas dan kerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Gresik dalam rangka edukasi terkait pencegahan stunting.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Tim Pembina KKS yang juga merupakan Ketua TP-PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari.

“Kami berikan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum ibu untuk mengenali stunting atau permasalahan tumbuh kembang pada anak dan juga cara pencegahannya,” katanya.

Tentu dengan cara mempertahankan komitmen bersama masyarakat, maka terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain diharapkan dapat meningkatkan sarana dan produktivitas serta perekonomian masyarakat di Kabupaten Gresik.

Turut mendampingi Direktur Utama RSUD Ibnu Sina, dr. Endang Poespitowati, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr. Mukhibatul Khusnah serta Ketua Forum GKS, Nur Yaqin. (iis)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top