Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > Warga Desa Gedongkedo’an Pawai Tumpeng

Warga Desa Gedongkedo’an Pawai Tumpeng

Cahayapena.co.id, GRESIK – Sebagai bentuk melestarikan tradisi yang ada di desa, warga Desa Gedongkedo’an, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur menggelar pawai tumpeng.

Kegiatan tersebut merupakan peringatan Haul Syeikh Hasan Asy’ari. Sebanyak dua tumpeng besar dan puluhan tumpeng kecil-kecil yang berisi aneka hasil pertanian dan makanan diarak keliling desa, Rabu (4/4/2018).

Setelah diarak mengeliling perkampungan warga, tumpeng tersebut di doakan lalu dibagikan dan dimakan bersama seluruh warga, perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Gedongkedo’an, M. Ashari mengatakan, kegiatan tersebut digalakkan untuk menghidupkan tradisi yang telah lama dilakukan oleh warga desa.

Selain itu, kata dia, pawai tumpeng merupakan wujud dari peringatan haul pejuang agama islam yang ada di Desa Gedongkedo’an serta peringatan Maulid Nabi Muhammad.

“Karena haul adalah memperingati dan mendoakan para pejuang khususnya Syekh Hasan Asy’ari yang memperjuangkan agama islam,” kata Ashari.

Ketua AKD Kecamatan Dukun itu juga menjelaskan, pawai ini juga dilakukan untuk mengenalkan kepada warga khususnya bagi kaum muda untuk tetap melestarikan tradisi.

“Ini juga untuk mengenalkan kepada kaula muda untuk terus melestarikan tradisi yang ada,” tambah dia.

Dirinya berharap, melalui pawai tumpeng ini, warga Desa Gedongkedo’an khususnya kaula muda bisa melestarikan tradisi sehingga tidak punah ditelan zaman.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top