Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > Siswa SMPN 1 Bungah Belajar Jurnalistik Milenial

Siswa SMPN 1 Bungah Belajar Jurnalistik Milenial

Gresik – Sebanyak 165 siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Bungah mengikuti pelatihan Jurnalistik. Rabu, ( 12/12/2018) untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis.

Tadjuddin Nur,  Kepala Sekolah SMPN 1 Bungah mengatakan kegiatan semacam ini diharapkan  bisa memacu semangat prestasi siswa khususnya dalam bidang bidang Karya  Ilmiah Remaja (KIR).

” Hari ini  siswa belajar ilmu baru dalam bidang jurnalistik dengan harapan bisa dapat mendukung peningkatan prestasi siswa. Dengan memiliki kemampuan menulis tentu akan menambah kreativitas dalam Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang selalu dilombakan” Kata  Tadjuddin Nur diwakili oleh H Sulaiman.

Teguh Wahyu Utomo mengatakan bahwa sebenarnya menulis itu tidak sulit. Sama halnya dengan kita berbicara. Apa yang kita bicarakan bisa kita tulis menjadi sebuah tulisan. Tinggal nanti dibaca lagi mana yang kurang pas lalu diperbaiki.

Begitu pula dengan apa yang dipaparkan dihadapan siswa- siswi oleh Isa Anshori bahwa menulis itu menuangkan ide atau gagasan yang ada di pikiran kita dalam bentuk tulisan. Segera salurkan ke tangan kita agar ide dan gagasan kita tidak terlalu lama parker di otak kita. Ini juga meminimalisir agar tidak lupa  maka harus segera di tulis. 

Pelatihan yang dikemas dalam sebuah tehnik pembelajaran dasar dalam membuat suatu tulisan ini dengan metode yang menyenangkan.  Sehingga siswa tidak merasa bosan dan mengikuti pelatihan hingga usai.

Siswa yang awalnya tidak berani membuat tulisan akhirnya bisa menulis dengan berbagai macam topik. Ada yang menulis hingga 2-3 lembar. Padahal sebelumnya mereka tidak tahu apa yang harus di tulis saat diberikan tugas.

Selain Siswa diberikan dasar dasar dalam menulis 5w 1H melalui ceramah, dan langsung dipraktekkan untuk menulis mereka juga diajak ke lapangan untuk praktek menulis kejadian yang di lihat atau dengan melakukan observasi.

Penyerahan sumbangan buku untuk perpustakaan

Metode Praktek observasi lapangan siswa dibagi menjadi kelompok – kelompok, diantaranya kelompok observasi di kantin sekolah, lapangan olahraga, tempat parkir dan toilet sekolah.

Peserta melakukan observasi dengan manfaatkan semua indera yang ada. Kemudian dianalisa dan dituangkan dalam bentuk tulisan.

Siswa yang aktif mengerjakan tugas mendapatkan apresiasi dari nara sumber berupa buku-buku bacaan. Untuk menambah wawasan dan literasi siswa.

Antusias siswa dalam menulis dirasa sangat bagus, mereka aktif dalam mengerjakan tugas – tugas dan saling berebut untuk presentasi ke depan kelas membacakan hasil karya dari tulisannya.

Pelatihan Jurnalistik dibimbing oleh nara sumber yang kompeten dalam melakukan pelatihan jurnalistik. Kolaborasi antara Isa Ansori, Teguh Wahyu Utomo dan M. Sholeh yang merupakan trainer dan motivator yang sudah berpengalaman. Membuat kegiatan pelatihan yang menyenangkan dan membuat output bagus bagi peningkatan minat menulis Siswa.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan sumbangan buku untuk perpustakaan yang diserahkan oleh Teguh Wahyu Utomo kepada  Wakil Kepala Sekolah Abdul Aziz. (shol)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top