Anda berada di :
Rumah > Komunitas > Raperda Perlindungan Ketenagakerjaan Mulai Dibahas di Paripurna DPRD Jatim

Raperda Perlindungan Ketenagakerjaan Mulai Dibahas di Paripurna DPRD Jatim

 

Gedung DPRD Jatim
Gedung DPRD Jatim

Surabaya –  Buruh Jawa Timur bakal dapat angin segar, pasalnya DPRD Jawa Timur mengagendakan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Ketenagakerjaan. Hal itu disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Jawa Timur yang digelar Senin lalu (9/5/2016)

Rapat Paripurna DPRD Jawa Timur yang beragendakan pandangan umum fraksi atas pembahasan Rancangan Pertauran Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Ketenagakerjaan digelar pada Senin lalu (9/5/2016). Sidang dipimpin oleh Tjunjuk Sunaryo, dari partai Gerindra.

Sidang yang dipimpin oleh Tjunjuk Sunaryo, Politisi dari partai Gerinda ini diawali dengan  pandangan umum yang disampaikan seluruh fraksi secara bergilir, semua fraksi menyatakan sepakat untuk memberikan perllindungan sekaligus memperkuat tenaga kerja di Jawa Timur, melalui Raperda. “Tenaga kerja Jatim harus menjadi tuan rumah di Jatim,” ujar Suparta, dari Fraksi Kebangkitan Bangsa.

Sementara itu, Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya, Agatha menyoroti tentang singkronisasi dari usulan Raperda tersebut. “Ada raperda yang muncul dari inisiatif dewan mengenai penguatan tenaga kerja, dan Pemprov mengenai Perlindungan Tenaga Kerja. Intinya sama, sehingga perlu dikombinasikan,” tuturnya.

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan bahwa saat ini anggota dewan memiliki semangat yang sama dan konsentrasi untuk melindungi tenaga kerja. Namun demikian, perihal upah sektoral, PAN menekankan agar objek kajiannya tidak hanya dilakukan di Surabaya, namun juga di daerah-daerah lain.

Adapun fraksi-fraksi lain juga tak jauh berbeda dalam menyampaikan pandangannya. Dan selain daripada itu, para anggota dewan juga memiliki kata sepakat untuk membuat tim khusus yang bertindak sebagai pengawas, guna memastikan setiap perusahaan memenuhi hak-hak buruhnya.

Hadir juga dalam rapat paripurna tersebut Gubernur Jatim Soekarwo, Sekdaprov Sukardi, beserta jajarannya. Gubernur Jatim Soekarwo dijadwalkan akan menjawab pandangan fraksi-fraksi tersebut dalam sidang paripurna selanjutnya. (kb/cp)

 

 

 

(kabarburuh.com)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top