Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > Isi Kekosongan Perangkat Desa, Pemerintah Desa Wadeng Adakan P3D

Isi Kekosongan Perangkat Desa, Pemerintah Desa Wadeng Adakan P3D

Dilihat 1564

Gresik – cahayapena.co.id -Bertempat di balai Desa Wadeng, Pemerintah Desa (Pemdes) Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik adakan ujian Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D). Tahapan P3D yang sudah dilakukan mulai pertengahan bulan April 2023 lalu, guna untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Dusun (Kasun) dan Kasi Kesejahteraan (Kesra), Kamis (25/05/2023).

Tes P3D yang dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Sidayu, Badan Permusyawaratan Masyarakat (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) serta Tokoh masyarakat itu di ikuti 6 peserta.
Dari 6 peserta tersebut, 3 mengikuti tes untuk posisi Kasun yakni Abdul Rohman, Alfan Arif dan Muchamad Taufiq. Sedang Akhmad Rosyidin, Dlobitul Hassin, Rokhmatul Jannah mengikuti tes untuk posisi Kasi Kesrah.
Kades Wadeng Imam Khoiri mengatakan, penjaringan perangkat Desa dengan sengaja dilaksakan dibalai Desa biar transparan profesional dan akuntebel serta yang lebih penting biar masyarakat secara umum bisa melihat langsung proses dan tahapanya.

“Ini juga sejalan dengan keinginan para tokoh masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wadeng. Kalau diadakan di luar kota,di gedung kecamatan atau digedung universitas, masyarakat tidak tahu proses tahapannya hanya mendengar hasil nya itu pun dari perangkat desa yang memberitahu,” terangnya.

Kades Wadeng menambahkan, kekosongan jabatan tersebut karena sebelumnya ada mutasi yang dilakukan oleh Pemdes Wadeng dan ada salah satu Perangkat Desa yang mengundurkan diri.

“Untuk yang Mutasi ada di posisi Kasun ke Bendahara, itu dilakukan karena Desa sangat membutuhkan orang IT dan kebetulan Kasun Dusun Brak orangnya pintar IT. Sedang untuk yang mengundurkan diri pada jabatan Kasi Kesrah, mengundurkan diri karena yang bersangkutan ingin fokus menjadi mudin saja,” ungkap Imam.

“Bagi peserta yang terpilih nanti harapan saya bisa amanah dalam menjalankan tugasnya dan bisa membawa Desa menjadi lebih baik,” harap Kades Wadeng Imam Khoiri dalam sambutan pembukanya.

Sementara itu Drs Najib selaku Ketua Tim Penjaringan P3D mengatakan, semua tahapan sudah kita lakukan sesuai prosedur yang ada mulai dari persiapan, penjaringan sampai penyaringan yang dilakukan hari ini.

“Di tahapan tes penyaringan ini kami menggandeng penguji pihak ke tiga dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pemuda Surabaya. Akan tetapi tidak serta merta kami langsung menunjuk pihak ketiga tersebut, sebelumnya kami juga mencari rekomendasi yang lain dan berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Setelah melakukan tes penyaringan dengan 100 soal selama dua jam, untuk nilai tertinggi formasi jabatan Kasun Brak yakni Abdul Rohman dengan nilai ujian 62 dan nilai tertinggi untuk formasi jabatan Kasi Kesrah yakni Akhmad Rosidin dengan nilai ujian 68.

Ahmad Rosidin (38) peserta terpilih mengaku sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa dapat nilai tertingi.

“Dalam pengabdian ini saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (GIL)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top

Selamat Hari Raya Idul Fitri


 

This will close in 10 seconds