Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > Inovasi Pemdes Kepatihan Melalui Pembangunan Gedung Sarana Olahraga

Inovasi Pemdes Kepatihan Melalui Pembangunan Gedung Sarana Olahraga

Dilihat 1569

GRESIK -cahayapena.co.id – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Gresik terus melakukan upaya inovasi dengan melakukan program pembangunan mensejahterakan masyarakat desa.

Seperti yang dilakukan, Pemdes Kepatihan Kecamatan Menganti dengan melakukan pembangunan gedung serba guna untuk olah raga dan sarana lainnya.

Berdiri diatas lahan Tanah Kas Desa (TKD) Kepatihan seluas 1,1 hektar berlokasi di pinggir jalan raya (lapangan sepak bola Desa Kepatihan) akan dibangun gedung satu lantai dengan lebar 16 meter dan panjang 35 meter. Gedung itu rencananya dibangun secara bertahap dengan sumber dana dari anggaran desa.

“Gedung serbaguna ini dibangun untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan pada masyarakat khususnya masyarakat Desa Kapatihan. Pada gedung, ada sarana olah raga badminton dan juga ada tempat untuk wedding (ruangan untuk pernikahan). Jika gedung sudah selesai akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sehingga ada pemasukan untuk Desa,” jelas Kades Kepatihan H. Dodik Suprayogi, Senin (08/05/2023).

Lebih jelas dikatakan, hari ini pembangunan gedung serbaguna telah dimulai dengan acara peletakan batu pertama dilakukan oleh Camat Menganti, Gunawan Purna Atmaja juga dihadiri oleh perwakilan Muspika.

“Pembangungan ini dilakukan secara bertahap, untuk tahap pertama akan dibangun pondasi dan pilar dengan anggaran Desa sebesar Rp. 162 juta. Kami rencanakan gedung akan selesai pada tahun 2025 dengan total anggaran sebesar 2,2 milyar,” ujarnya.

Ditambahkan Dodik Suprayogi, program pembangunan gedung serba guna ini telah dicanangkan APBDes dan RPJMPDes pada tahun 2020. Akan tetapi program itu belum bisa direalisasikan karena terkendala pandemi Covid -19.

“Alhamdulilah, kami selaku Pemdes Kepatihan sesuai dengan amanah dan keyakinan dan bantuan dari seluruh perangkat desa dan masyarakat, hari ini pembangunan gedung mulai dilaksanakan,” ujar Dodik yang juga menjabat sebagai ketua AKD Kecamatan Menganti.

Harapannya, semua elemen masyarakat dapat memberikan suport untuk pembangunan jangka panjang ini akan selesai pada tahun 2025 dan bisa dipergunakan untuk masyarakat Desa Kepatihan dan tentunya dapat memberikan kontribusi pemasukan pendapatan.

Sementara itu, Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja mengatakan atas nama pemerintahan Kabupaten Gresik mensuport atas gebrakan inovasi yang dilakukan Pemdes Kepatihan membangun gedung serbaguna ini.

“Terus berinovasi dan berkarya untuk pembangun desa dan bermanfaat bagi masyarakat. Gebrakan Pemdes Kepatihan ini sangat luar biasa dan nantinya dapat menjadi contoh desa-desa lain untuk melakukan inovasi dan berkarya untuk kemajuan desa,” tegasnya.

Ditambahan Camat Menganti, pembangunan gedung ini merupakan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu tentunya harus terus mendapat suport dari perangkat desa, BPD, LPMD agar program ini berjalan sesuai yang diharapkan. (GIL)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top