Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > Genjot PADes, Pemdes Boboh Manfaatkan Waduk Jadi Wisata Kuliner

Genjot PADes, Pemdes Boboh Manfaatkan Waduk Jadi Wisata Kuliner

Dilihat 1566

Gresik, cahayapena.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Boboh, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, akan membangun Sentra Wisata Kuliner di kawasan waduk Dusun Gantang. Para pengunjung nantinya bisa memancing di waduk seluas setengah hektare tersebut dan langsung menikmati hasil pancingannya.

Kepala Desa Boboh, Abdul Majid mengaku terinspirasi dari desa lain yang sudah menciptakan pariwisata desa. Nah, Sentra Wisata Kuliner ini dihadirkan sekaligus menjadi upaya Pemdes Boboh untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Di Dusun Gantang ini ada waduk, kenapa tidak kita optimalkan untuk destinasi wisata? Selain bisa menjadi sumber pendapatan desa, masyarakat kami juga bisa merasakan manfaatnya secara ekonomi,” ungkapnya, Senin (7/11/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, konsep Sentra Wisata Kuliner nantinya adalah warung panggung atau warung apung yang dibangun dengan material beton (cor) dan papan atau bambu.

“Rencananya nanti kita kelola, dimana di tengah waduk kita beri warung panggung, seperti stan yang terapung. Pengunjung bisa memancing di sekitar waduk dan hasil dari mancing tersebut bisa langsung dimasak dan dimakan di tempat,” terang Abdul Majid.

Wisata ini selain menjadi ikon bagi Desa Boboh, tambahnya, juga bisa menampung UMKM untuk mendongkrak perekonomian. Para penjual di wisata kuliner tersebut diprioritaskan warga setempat.

Proyek ini sudah dimulai dengan pembangunan tanggul atau plengsengan di pinggir waduk. Tidak hanya agar waduk semakin rapi, plengsengan ini juga dimaksudkan untuk dibuat stan dan jalan bagi pengunjung.

Abdul Majid mengungkapkan untuk membangun destinasi ini rencananya akan menelan  anggaran sekitar Rp 1 miliar yang didapatkan dari berbagai sumber, seperti bantuan dari Pemkab Gresik maupun stakeholder lainnya.

Di tempat yang sama, Camat Menganti Kabupaten Gresik, Hendriawan Susilo mengatakan, pihaknya mendukung apa yang direncanakan oleh Pemdes Boboh. Menurutnya hal tersebut merupakan suatu inovasi yang bagus dalam meningkatkan perekonomian.

“Kami di sini memfasilitasi dan mendorong semua kegiatan untuk kemajuan desa. Kami mendukung semua yang direncanakan ini, dengan harapan potensi masyarakat bisa berkembang untuk memajukan masyarakatnya,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan yang turut meninjau lokasi tersebut mendukung adanya wisata yang akan dibangun oleh Pemdes Boboh. Ia berharap agar pengelolaan wisata baru ini benar-benar diprogram dengan cermat, sehingga bisa berkembang, tidak justru mangkrak.

“Inovasi seperti sangat baik dan kami sangat mendukung. Kami juga berharap, pelaksanaannya dikelola dengan baik agar bisa menambah PADes,” pungkas Mujid Riduan. (GIL)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top