Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > Gelar Parade Busana Daur Ulang Sebagai Ajang Kreatifitas Siswa

Gelar Parade Busana Daur Ulang Sebagai Ajang Kreatifitas Siswa

Sidoarjo – Mengasah kreatifitas anak –anak sejak dini merupakan salah satu tujuan menanamkan pendidikan karakter . Kreatifitas tersebut dengan memanfaatkan barang – barang bekas untuk didaur ulang menjadi busana yang indah dalam kegiatan Parade Busana Daur Ulang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bersamaan dengan peringatan hari pahlawan 10 Nopember. Oleh SD Negeri Sedati Agung kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Hal ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya.
Setelah melaksanakan upacara, juga digelar parade berbusana daur ulang keliling kampung sekitar sekolah. Kegiatan parade ini diikuti 453 siswa mulai kelas 1 hingga kelas VI. Dengan tema peringatan hari pahlawan “Mari lanjutkan Perjuangan Melalui Pendidikan”, peringatan 10 Nopember dilaksanakan dihalaman sekolah

Suasana kegiatan ini nampak ramai dan meriah karena selain parade juga dilaksanakan berbagai lomba seperti Fashion Show, karaoke, dan juga tidak ketinggalan unjuk kreativitas ABK (Inklusi), bazar dari pokja dan lain-lain.
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan melatih anak untuk cinta tanah air, menghargai jasa para pahlawan. Lebih dari itu harapannya bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan khususnya dibidang pendidikan” kata kepala SD Negeri Sedati Agung Hari Winarti S.Pd,

Selain itu terkait dengan kegiatan Adiwiyata di sekolah ini yang salah satu unsur terkuat anak-anak peduli terhadap lingkungan.

Menurutnya, untuk tahun ini diprogramkan bukan hanya sekedar bersih-bersih tetapi bagaimana bisa mengolah dan meminimalis serta memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang jadi, sehingga barang tersebut diwujudkan dengan bentuk baju dari daur ulang

“Dan ternyata wali murid sangat antusias dibuktikan setiap Sabtu siang berkumpul ditiap kelas masing-masing bersama wali kelas, siswa untuk membuat daur ulang” jelas Winarti

Berharap melalui parade bersama keliling kampung paling tidak masyarakat sekitar tahu akan kegiatan SD Negeri Sedati Agung dalam memperingati hari pahlawan dengan mewujudkan serta mengekpresikan kegiatan sekolah, masyarakat sekitar sudah bisa mendukungnya.

“InsyaAllah di tahun berikutnya diupayakan untuk lebih bagus demi terwujudnya pendidikan karakter peduli lingkungan sesuai dengan Visi Sekolah yaitu Unggul dalam Prestasi, Beriman dan Bertaqwa, Terampil, Berkarakter dan Berwawasan lingkungan” pungkasnya.

Sementara itu Ulin Hikmahyanti selaku bendahara Kelompok Kerja sekaligus perancang busana daur ulang mengaku ide ini muncul berawal dari browsing kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan busana Muslim, bahan –bahan yang dipakai dari busa tempat bungkus daun apel, Pir juga dari bahan tas kresek, koran dimamfaatkan untuk membuat baju.

Selain itu ketua Pokja (kelompok kerja) Wiwit menambakan dengan kegiatan ini berharap kreatifitas anak –anak lebih berkembang, dan rasa kebangsaan semakin tumbuh.

Anis salah satu siswa kelas VIB dengan berbusana daur ulang sangat bagus dan menarik mengaku senang dan bangga menjadi siswa di SDN Sedati Agung dan berharap menjadi pemenang, dan para adik kelasnya nanti bisa mengembangkan kreativitasnya, dan bisa berkarya sendiri. (af).

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top