Anda berada di :
Rumah > Metro Jatim > 38 Taruna AAL Tingkat III Korps Pelaut Ikuti Latihan Praktek Keperwirajagaan

38 Taruna AAL Tingkat III Korps Pelaut Ikuti Latihan Praktek Keperwirajagaan

Kepala Departemen Pelaut AAL Kolonel Laut Dodi Hermanto saat membuka Latihan Praktek Keperwirajagaan tahun 2021di Gedung Bawean, Bumimoro, Surabaya,

Surabaya – Sebanyak 38 Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 Korps Pelaut mengikuti upacara pembukaan Latihan Praktek Keperwirajagaan tahun 2021 yang dibuka Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Dodi Hermanto, M.Tr.Hanla di Gedung Bawean, Bumimoro, Surabaya, Selasa (12/04/2021).

Selama 10 hari kedepan, 38 Taruna AAL Korps Pelaut ini akan menjalani pendalaman materi dan latihan praktek Keperwirajagaan di Gedung Bawean, Bridge Simulator Andromeda dan kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet VIII-7.

Menurut Kadeppel AAL, Latihan Praktek Keperwirajagaan ini merupakan latihan wajib yang harus dijalani setiap taruna korps pelaut untuk mendapatkan pengetahuan dan kecakapan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai perwira jaga laut dan darat.

Secara umum lanjut Kadeppel, latihan praktek ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktek kepada taruna tentang peran-peran yang ada di kapal, prosedur dan tanggung jawab personel anjungan, penggunaan peralatan navigasi dan komunikasi yang ada dikapal, cara-cara berlayar sesuai aturan internasional, cara-cara berkomunikasi dengan kapal lain pada saat berlayar, penanggulangan keadaan darurat di kapal.

Selain itu, latihan praktek ini juga untuk mengetahui bagaimana adanya pengaruh luar dan dalam saat mengolah gerakkan kapal, penerapan peraturan PPTL dan Solas serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Kadeppel AAL berharap, materi yang sudah diperoleh tentang ilmu kepelautan dan keperwirajagaan ini, akan menjadi bekal berharga nantinya dalam penugasan sebagai perwira pelaut di KRI. “Laksanakan dengan rilex tapi serius, serap teori yang sudah diberikan dan praktekan dengan sungguh-sungguh,” pintanya.

Selain materi yang sudah diajarkan, Ia juga berharap agar Taruna mengisi dan menambah ilmu pengetahuan dan membuka cakrawala pandang, sehingga dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dapat mendukung dikedinasan nantinya. (Kabagpen AAL)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top