Anda berada di :
Rumah > Komunitas > Peringati HUT RI ke 73, Pemdes Sukorejo Gelar Pawai Budaya Nusantara

Peringati HUT RI ke 73, Pemdes Sukorejo Gelar Pawai Budaya Nusantara

Cahayapena, Gresik – Ribuan warga Desa Sukorejo mengikuti pawai kebangsaan dengan tema Obor Budaya Nusantara. Sebanyak 1945 obor diarak oleh seluruh warga. Selain membawa obor, para warga juga memakai pakaian adat.

Ribuan warga dibagi dari beberapa kelompok tiap RT. Mereka memakai pakaian adat nusantara antara lain Adat Jawa, Betawi, Sulawesi hingga Papua. Bahkan ada pula kelompok yang memanfaatkan Gelaran Asian Games 2018.

 

Kades Sukorejo H Muslih saat membuka pawai obor bertemakan nusantara. 

Kades Sukorejo H Muslih mengatakan, pawai obor merupakan salah satu semangat warga dalam turut serta mengisi kemerdekaan. Sebanyak 1945 obor, Kades menambahkan angka itu merupakan tahun kemerdekaan.

“Ada 1945 obor dalam pawai obor kali ini. Kami ingin mengenang jasa para pahlawan kami. Melalui obor ini, semangat persatuan dan kesatuan tetap terjaga juga obor sebagai tanda spirit persatuan dalam membangun desa,” katanya, Sabtu (18/8/2018) malam.

 

Salah satu RT dengan tema Asian Games 2018

Setelah mengikuti pawai obor budaya nusantara, warga tak sabar menunggu doorprice yang disediakan Pemdes untuk masyarakat. Ratusan hadiah memeriahkan kegiatan tersebut, bahkan beberapa hadiah berharga jutaan rupiah tersedia, mulai dari almari, mesin cuci, dispenser hingga kambing.

Dia menyatakan, selain obor budaya nusantara, Pemdes Sukorejo juga menggelar beberapa kegiatan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke-73.

“Selain pawai obor budaya nusantara, Pemdes Sukorejo juga menggelar kegiatan positif lainnya dalam rangka HUT RI ke-73, antara lain lomba lingkungan bersih, lomba mewarnai pahlawan serta kreasi seni,” tambah dia.

Salah satu warga Desa Sukorejo, Ahmad Agus Fa’ad mengaku senang dapat mengikuti pawai obor bertemakan nusantara ini. “Ya senang, selain bisa berkumpul warga lain. Ini momentum untuk memeriahkan kemerdekaan,” ucapnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap warga semakin guyub dan dapat bersama-sama bekerja untuk membangun desa. Pria yang juga Bacaleg Golkar Gresik Dapil VIII itu membeberkan, dalam pawai yang digelar Pemdes, dia bersama kelompok satu RT membuat tema Asian Games.

“Kita sangat mendukung gelaran Asian Games 2018. Ada pula obor dan maskot, bahkan kita satu kelompok serempak memakai kaos yang bertuliskan Logo Asian Games 2018,” tutup dia mengakhiri.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top