Anda berada di :
Rumah > Komunitas > Buka Festival Nasi Krawu dan Pameran UMKM, Wakil Ketua MPR RI Apresiasi KWG

Buka Festival Nasi Krawu dan Pameran UMKM, Wakil Ketua MPR RI Apresiasi KWG

Dilihat 1544

Gresik- cahayapena.co.id – Komunitas Wartawan Gresik terus berkontribusi dalam pembangunan daerah. Kali ini, organisasi profesi wartawan tertua di Gresik ini menggelar festival nasi krawu dan pameran UMKM.

Ada 16 stand UMKM ambil bagian, berbagai kuliner khas tempo dulu dijual. Mulai nasi krawu, bonggolan, masin, sego roomo, jubung, pudak dan lain sebagainya.

Festival yang berlangsung tiga hari ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid dan Ketua DPRD Gresik M Abdul Qodir di Atrium Gresmall, Kamis (9/3/2023).

“Semua enak-enak, kami tentu apresiasi teman-teman KWG yang menggelar kegiatan ini,” kata Jazilul usai memborong jajanan kuliner UMKM Gresik.

Politikus PKB ini mengapresiasi peran media yang tergabung dalam KWG yang terus memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah.

Melalui festival ini, Jazil mengaku nasi krawu bisa naik kelas. Pameran ini pun sangat bagus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Apalagi, beberapa waktu lalu, nasi krawu telah diakui skala nasional dan sudah mendapatkan predikat warisan budaya tak benda oleh pemerintah pusat,” ujar dia.

Setelah membuka festival, Jazilul menyempatkan mengikuti Talk Show bersama Ketua DPRD Abdul Qodir dan Budayawan Kris Adji berdialog soal nasi krawu. Sesi acara tersebut dipandu Wartawan Moh Masduki.

“Ini bentuk nguri-nguri budaya, jadi saya sangat apresiasi terhadap kontribusi wartawan KWG selama ini, semoga sukses dan lancar selama tiga hari ini,” kata Qodir.

Rangkaian HPN KWG 2023

Sementara itu, Ketua KWG Miftahul Arif mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 serta hari jadi Gresik ke-536 dan HUT Pemkab Gresik ke-49

“Ini kado spesial untuk Gresik tercinta, kebetulan hari pers berdekatan dengan HUT Gresik, kami gelar tiga hari berturut-turut,” ujar dia.

Miftah menyatakan, dalam festival kali ini berbagai kegiatan dilakukan. Di hari pertama ada kegiatan bakti sosial pengobatan gratis, cek gula darah. Ada pula talk show soal asal-usul nasi krawu.

Kemudian, di hari kedua ada lomba mewarnai tingkat TK serta bedah buku jurnalistik karya Wartawan M Sutikhon. Pada hari ketiga, kata Miftah ada Tumpeng Nasi Krawu tertinggi sedunia serta santunan anak yatim piatu.

“Pada puncak nanti juga akan dihadiri secara langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang akan membagikan nasi krawu gratis dan makan bersama masyarakat yang hadir,” terangnya.

Tak lupa, Jurnalis CNN Indonesia ini mengucap terima kasih kepada mitra KWG mulai dari relasi pemerintah, TNI-Polri, perusahaan serta lembaga lain yang ikut berkontribusi dalam suksesnya kegiatan festival nasi krawu kali ini.

“Kami mengajak warga Gresik untuk berkumpul di Gresmall pada Sabtu besok untuk bersama-sama menyaksikan tumpeng nasi krawu terbesar di dunia,” tutupnya. (GIL)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top

Selamat Hari Raya Idul Fitri


 

This will close in 10 seconds