Anda berada di :
Rumah > Kesehatan > PMI Siapkan Helikopter untuk Antisipasi Evakuasi Pemudik Yang Sakit

PMI Siapkan Helikopter untuk Antisipasi Evakuasi Pemudik Yang Sakit

Heli PMI

BANDUNGĀ  – Palang Merah Indonesia menyiapkan helikopter untuk evakuasi pemudik yang mengalami masalah kesehatan saat terjebak macet. Helikopter ini juga akan membawa makanan dan minuman bagi para pemudik.

“Fungsi helikopter PMI adalah untuk evakuasi medis melalui udara yg sulit dijangkau mobil ambulance serta dropping makanan dan minuman d itengah kemacetan,” ujar Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Soemarsono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/7/2016).

Helikopter ini akan memuat dokter spesialis yang dan mengangkut perlengkapan seperti tandu portable, obat-obatan dan tabung oksigen.

“Selain itu juga membawa kebutuhan logistik seperti air mineral dalam kemasan, biskuit tinggi kalori, roti, minuman berenergi,” terangnya.

Soemarsono mengatakan helikopter PMI akan beroperasi sepanjang jalur mudik mulai dari pintu tol keluar Brebes Timur sampai gerbang tol Cikarang Utama melintasi tol: Kanci-Pejagan, Palimanan-Kanci, Cikampek-Palimanan, Cikampek-Jakarta.

Nantinya, di posko PMI di Brebes dan Cirebon Helikopter PMI akan menaikkan logistik untuk dropping dari udara kepada pemudik yang terjebak macet selama berjam-jam yang membutuhkan bantuan makanan dan minuman.

“PMI telah berkordinasi dengan jajaran kepolisian, Jasa Marga dan rumah sakit rujukan yang ada di sepanjang jalur mudik untuk evakuasi melalui udara,” ucapnya. (*)

 

 

 

(sumber : detik.com)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top