Anda berada di :
Rumah > Kesehatan > Kondisi Pasar Baru Gresik Memprihatinkan

Kondisi Pasar Baru Gresik Memprihatinkan

pasar tradisional yang becek

Gresik –  Terlihat seorang wanita separuh bayah yang juga pengunjung pasar berjalan perlahan dengan menyincing celana agar tidak terkena kotor lumpur dan becek sambil menutup hidungnya dengan salah satu tangan.

Itulah Kondisi Pasar tradisional Pasar Baru Gresik yang berada di jalan Gubernur Suryo, Gresik beberapa hari ini kondisinya semakin memperihatinkan. Selain fasilitas dan kondisi lapak bangunannya sudah   tak layak untuk ditempati. Dari pantauan dilapangan pada Kamis (9/6/2016)

“ beginilah kalo belanja  di pasar tradisional kalo kondisinya seperti ini terus ya rasanya tidak nyaman dan risi, apalagi saat ini juga sedang puasa” ujar Siti Maslikah salah seorang pengunjung pasar.

Tidak hanya kondisi pasar yang becek dan bau, kebersihan beberapa los  pedagang juga kurang di perhatian lantaran banyak tumpukan sampah di beberapa sudut pasar yang juga menimbulkan  bau yang tidak sedap.

“ Mestinya tiap lapak pedagang itu disediakan tempat sampah biar tidak terlihat kotor dan jorok. Biar tidak  bau pasarnya” tambah Siti Maslikah.

Karena kondisi dalam los pasar becek maka para pedagang pun memilih tempat yang tidak becek untuk menggelar dagangannya seperti di area parkir kendaraan yang kodisinya lebih kering. Namun hal itu sangat mengganggu pengunjung pasar yang hendak memarkir kendaraannya.

Kepala Diskoperindag UKM Pemkab Gresik , Najikh,   mengakui  bahwa mayoritas pasar tradisional di Gresik kondisinya memprihatinkan. Pada tahun ini rencananya  mulai dilaksanakan program revitalisasi pasar. Pada tahun 2016, Pemkab Gresik melalui dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan UKM ( Diskoperindag UKM) menyiapkan anggaran sebesar Rp 14,3 Miliar untuk revitalisasi pasar tradisional.

“Kondisi pasar pasar tradisional di Gresik banyak yang sudah tidak layak, terutama bangunan dan fasilitasnya dan selama ini hanya perbaikan perbaikan kecil saja.”ujar Najikh

Najikh menambahkan, secara bertahap mulai tahun ini bakal dilakukan revitalisasi. Dana yang sudah disiapkan RP 7 Miliar untuk alokasi pembangunan pasar baru Gubernur Suryo.

“pasar ini bakal di renovasi total dan sekarang sudah masuk tahap persiapan untuk merelokasi para pedagang ke tempat penampungan sementara (TPS)” Lanjut Najikh

Selain Pasar Baru Gresik, proyek revitalisasi juga bakal dipersiapkan untuk pasar Driyorejo yang dianggarkan 3 miliar, dan juga pasar Giri Kebomas dengan anggaran 2 miliar. (shol)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top