Anda berada di :
Rumah > Kesehatan > Dokter Kecil SD Berlian Sosialisasikan Dampak Campak dan Rubella

Dokter Kecil SD Berlian Sosialisasikan Dampak Campak dan Rubella

Gresik  – untuk mensosialisasikan imunisasi campak dan Measles Rubella (MR) kepada masyarakat, SD Muhammadiyah 2 GKB melalui kadek dokter kecil melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar Pondok Permata Suci PPS Manyar Gresik. Sabtu (30/07)

Menurut Guru Pendamping kegiatan, Rafika mengatakan sosialisasi imunisasi campak dan Rubella dengan menggandeng dokter kecil SD Muhammadiyah 2 GKB sebagai penyuluh agar masyarakat sekitar paham akan dampak berbahaya penyakit campak dan rubella.

“tempat ini (pasar PPS) kami pilih karena banyak warga yang datang dan berharap nanti mampu memberikan kesadaran kepada warga akan dampak dari penyakit campak dan rubella” kata Rafika.

Senada dengan hal itu, Penanggungjawab Program Promosi Kesehatan Bambang Kurniadi menyatakam kegiatan seperti ini sangat penting untuk menyadarkan masyarakat akan dampak dari penyakit campak dan Rubella.

“Berlian School (SD Muhammadiyah 2 GKB) sangat berperan aktif dalam menyukseskan promosi-promosi kesehatan kepada masyarakat” tukasnya.

Semantara itu, Rohmawati, Warga Perumahan PPS menyatakan kegiatan ini sangat menarik, apalagi penyuluhnya adalah anak-anak. ” saya jadi tahu apa dampak dari penyakir campak dan Rubella” tandasnya.

Di Indonesia sendiri, menurut catatan dari Kementerian Kesehatan RI 2016, dilaporkan terdapat 8.185 kasus campak pada tahun 2015. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan tahun 2014 yang sebesar 12.943 kasus.

Kepala Puskesmas Sukomulyo Manyar dr. Anik Luthfiyah, mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh SD yang dikenal dengan SD Berlian itu. Sebab kata dia, promosi kesehatan seperti campak dan rubella ini sangatlah penting bagi masyarakat.

” Hal terpenting dalam kampanye MR ini adalah kesadaran bahwa imunisasi tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri karena terlindung dari penyakit menular tetapi juga ikut ambil bagian melindungi masyarakat termasuk orang-orang yg lemah dan rentan terhadap penyakit” tegasnya.

Ia juga berharap, dengan adanya kader dokter kecil yang diinisiasi SD Muhammadiyah 2 GKB nantinya bisa menjadi contoh sekolah lain untuk mensosialisasikan dampak bahaya penyakit utamanya campak dan rubella yang notabene mudah menyerang anak-anak.

“Harapan terhadap kader UKS khususnya Berlian School, bisa menjadi contoh melaksanakan imunisasi dan bisa memberikan informasi yg bermanfaat kepada teman, keluarga, dan masyarakat luas” tutupnya (mal)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top