Anda berada di :
Rumah > Hukum > KKN Fakultas Hukum Universitas Gresik Siap Mengabdi ke Masyarakat

KKN Fakultas Hukum Universitas Gresik Siap Mengabdi ke Masyarakat

Gresik – Banyaknya permasalahan hukum di desa-desa yang tidak diketahui oleh masyarakat menjadi fokus tersendiri bagi akademisi. Hal tersebut disampaikan Prof Sukiyat Rektor Universitas Gresik dalam acara pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan Fakultas Hukum Universitas Gresik.
Menurutnya, banyaknya permasalahan hukum di masyarakat desa harus bisa diselesaikan oleh mahasiswa. Sebab, kata dia permasalahan hukum seperti hukum pertanahan, hukum administrasi dan lainnya sering ditemui di masyarakat.
mahasiswa harus bisa membantu warga sekitar dengan sosialisasi hukum maupun undang-undang serta cara penyelesaiannya.
“Mahasiswa yang KKN harus bisa melakukan pengabdian kepada warga sekitar, apalagi Fakultas Hukum harus secara pro-aktiv permasalahan hukum yang biasa terjadi di Masyarakat Desa” katanya saat acara pembekalan di ruang paska sarjana kepada peserta KKN Fakultas Hukum Universitas Gresik, Sabtu (29/07).
Seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh perguruan tinggi lainnya, Prof Sukiyat menekankan adanya sikap etika di masyarakat dengan selalu mengedepankan sopan santun bermasyarakat.
“Kuliah kerja nyata tidak sembarangan, etika sopan santun harus dikedepankan. Dan yang tak kalah pentingnya, pengabdian itu adalah implementasi mata kuliah di kelas yang harus dilakukan di Masyarakat” tambah dia.
Senada dengan hal itu, Suyanto, SH MH Dekan Fakultas Hukum Universitas Gresik menambahkan pentingnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bentuk implementasi mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Hukum Universitas Gresik.
“Kegiatan KKN ini merupakan momentum yang sangat baik untuk membumikan seluruh pengetahuan yang telah didapatkan di perkuliahan. Selain itu, semoga kegiatan ini bisa jadi sarana promosi yang baik khususnya untuk Fakultas Hukum dan umumnya Universitas Gresik” jelas Dekan yang juga berprofesi sebagai Notaris tersebut.
Pembekalan kali ini diisi beberapa materi yang disampaikan oleh Prof. Sukiyat selaku rektor Universitas Gresik, Ir. Tugas Husni Syarwanto kepala Bappeda Gresik, Syaikhu Busri anggota DPRD Gresik, Dr. Suprihasto dari Pemkab Gresik, dan Siti Nur Qomariyah LPPM.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gresik sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus hingga 26 Agustus 2017 bertempat di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.
Sebanyak 49 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gresik siap melaksanakan kuliah kerja nyata. Sholiqin, salah satu peserta KKN yang hadir saat pembekalan mengatakan siap untuk terjun langsung di lapangan untuk mengabdi untuk masyarakat.
“Dengan modal pelajaran mata kuliah yang telah saya peroleh di bangku perkulihan, saya siap mendarat di masyarakat untuk menerapkan teori ke dalam praktek nyata” tegas Sholiqin salah satu perserta KKN. (mal)
Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top