Anda berada di :
Rumah > Ekonomi > Ups…Ternyata Para Miliuner Dunia Pun Pernah Hidup Miskin

Ups…Ternyata Para Miliuner Dunia Pun Pernah Hidup Miskin

miliarder dolar5

Jakarta – Perjalanan menjadi seorang miliuner berharta US$ 1 miliar lebih atau di atas Rp 14 triliun tidak selalu enak. Banyak miliuner yang mengawali hidupnya sebagai orang miskin.

Sejumlah miliuner di dunia memiliki masa kecil yang tidak indah dan bergelimang harta seperti sekarang.

Siapa saja daftar orang kaya dunia yang mengawali hidupnya sebagai orang miskin? Berikut daftarnya bagian pertama seperti dilansir dari Aol Jobs.

  1. Roman Abramovich
Russian billionaire and owner of Chelsea football club Roman Abramovich walks past the High Court in London November 16, 2011.  REUTERS/Suzanne Plunkett
Russian billionaire and owner of Chelsea football club Roman Abramovich walks past the High Court in London. REUTERS

 

Orang kaya Rusia yang terkenal karena memiliki klub sepakbola Chelsea ini dilahirkan dari keluarga miskin. Bahkan Abramovich menjadi yatim piatu saat berumur 2 tahun.

Kekayaan Abramovich saat ini mencapai US$ 8,2 miliar, atau sekitar Rp 114 triliun.

Abramovich lahir di selatan Rusia, dan menjadi yatim piatu di umur 2 tahun. Dia dibesarkan oleh keluarga pamannya di utara Rusia.

Saat menjadi mahasiswa di Moscow Auto Transport Institute pada 1987, Abramovich mulai mendirikan perusahaan kecil yang memproduksi mainan plastic.  Dari bisnis ini, dia meningkat menjadi pengusaha minyak besar di Rusia.

Abramovich menjadi pemimpin dari perusahaan minyak bernama Sibneft, yang berhasil dia kembangkan menjadi perusahaan minyak keempat terbesar di dunia. Perusahaan ini dijual ke BUMN gas Rusia, yaitu Gazprom pada 2005 dengan nilai US$ 13 miliar, atau sekitar Rp 182 triliun.

Pria ini membeli klub Chelsea pada 2003 dan memiliki salah satu yacht terbesar di dunia bernilai US$ 400 juta atau sekitar Rp 5,6 triliun di 2010.

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey arrives for the birthday dinner party of former president of South Africa Nelson Mandela at Hyde Park in London June 25, 2008.    REUTERS/Dylan Martinez
Oprah Winfrey arrives for the birthday dinner party of former president of South Africa Nelson Mandela at Hyde Park in London. REUTERS

Pengusaha di bidang hiburan televisi ini memiliki harta US$ 3 miliar, atau sekitar Rp 42 triliun.

Oprah lahir dari keluarga miskin di Mississippi. Namun kondisi ini tidak menghentikannya untuk berjuang mendapatkan beasiswa dari Universitas Tennessee dan menjadi koresponden televisi berkulit hutam pertama di Amerika Serikat (AS), saat usianya 19 tahun.

Pada 1983, Oprah pindah ke Chicago dan bekerja mengisi talkshow di televisi yang sampai saat ini terkenal dengan nama ‘Oprah Winfrey Show’.

3. Ralph Lauren

Designer Ralph Lauren waves after presenting his Spring/Summer 2013 collection during New York Fashion Week, September 13, 2012. REUTERS/Lucas Jackson
Designer Ralph Lauren waves after presenting his Spring/Summer collection during New York Fashion Week. REUTERS

Pengusaha tekstil ini tercatat memiliki harta US$ 6,8 miliar, atau sekitar Rp 95,2 triliun.

Lauren lulus SMA di wilayah Bronx, New York dan drop out dari kuliah untuk bergabung dalam angkatan bersenjata.

Dia mengawali karirnya sebagai juru tulir di perusahaan bernama Brooks Brothers. Di sini dia memiliki ide soal desain dasi.

Mimpinya ini menjadi kenyataan, pada 1967 dia berhasil menjual dasi dengan nilai US$ 500 ribu, dan memulai bisnis sendiri dengan pakaian bermerek Polo.

4. Lakshmi Mittal

miliarder4 lakhsmi

Pria asal India ini merupakan pemilik perusahaan baja bernama ArcelorMittal. Lakshmi lahir di 1950 dari keluarga miskin di negara bagian India bernama Rajasthan.

Saat ini dia menjalankan salah satu perusahaan baja terbesar di dunia. Harta Lakshmi mencapai US$ 12,3 miliar, atau sekitar Rp 172,2 triliun

5. Leonardo Del Vecchio

miliarder5_delvecchio

Pria ini merupakan pemilik perusahaan produsen kacamata bermerek Ray-Ban dan Oakley. Kekayaannya US$ 24,1 miliar, atau sekitar Rp 337,4 triliun.

Del Vecchio merupakan anak dari 5 bersaudara yang menjadi yatim piatu karena ibunya yang berstatus janda meninggalkannya. Dia bekerja di pabrik kacamata.

Pada umur 23 tahun, Del Vecchio membuka toko sendiri hingga akhirnya membuat kacamata dengan merek terkenal. (fd.com/cp)

 

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top